Rapid Test Pasien 02 Positif Corona, Akurasi Hanya 30 %, Dokter Hendra Tunggu Tes PCR

by -
Rapid Test Pasien 02 Positif Corona, Akurasi Hanya 30 %, Dokter Hendra Tunggu Tes PCR
Direktur RSUD dr H Marsidi Judono dr Hendra SpAn.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN-Hasil pemeriksaan menggunakan metode Rapid Test terhadap Pasien 02 dinyatakan positif virus Corona atau Covid-19. Pasien laki-laki umur 32 tahun yang berstatus orang dalam pemantaun (ODP) itu, merupakan rujukan dari RSUD Belitung Timur (Beltim).

Sebelumnya, pasien tersebut telah melaksanakan pemeriksaan swab. Akan tetapi, hasil sample swab tenggorokan pasien nomor 02 itu tidak ditemukan di laboratorium Kementerian Kesehatan. Kemudian RSUD dr H Marsidi Judono memutuskan agar pasien rujukan Beltim tersebut menggunakan metode Rapid Test tersebut.

“Kami sudah lakukan rapid test terhadap pasien 02. Hasilnya positif kalau menggunakan rapid test, artinya memang di dalam tubuh dia pernah ada virus itu,” kata Direktur RSUD dr H Marsidi Judono dr Hendra SpAn kepada Belitong Ekspres, Rabu (01/04) kemarin.

Menurut dokter Hendra Keakuratan Rapid Test hasil sangat biasa dan sensitifitas hanya 30 persen. Maka dari itu, untuk memastikan bahwa pasien nomor 02 masih ada virus atau tidak di bagian tubuhnya harus melalui tes laboratorium pusat Biomedis Kemenkes RI.

Oleh karena itu, petugas RSUD memutuskan untuk mengambil sample swab tenggorokan pasien tersebut untuk dikirim besoknya. “Swab sudah kita ambil dan akan kami kirimkan ke laboratorium Kementerian Kesehatan. Nah, untuk pasien tersebut, sekarang kami rawat inapkan dulu sampai hasilnya keluar dari Kementerian nanti,” jelasnya.

Dokter Hendra kembali menegaskan, hasil Rapid Test ini memang belum menjadi acuan 100 persen bahwa pasien 02 positif Covid-19. “Di dalamya tubuhnya memang antibodi terhadap virus, virus pernah masuk didalam tubuhnya. Nah sekarang masih ada apa gak di dalam tubuhnya, makanya harus diperiksa PCR,” tandasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah