Rebut 4 Kategori, SMAN 1 Manggar Jawara Seleksi GBN

by -
Rebut 4 Kategori, SMAN 1 Manggar Jawara Seleksi GBN
Foto bersama siswa SMAN 1 Manggar menjuarai Seleksi GBN Beltim.

belitonggekspres.co.id, MANGGAR – Datang dari bidang tarik suara, prestasi membanggakan kembali di raih oleh SMA Negeri 1 Manggar. Seluruh cabang dalam seleksi Gita Bahana Nusantara (GBN) tingkat Kabupaten Belitung Timur (Beltim) yaitu kategori suara sopran, alto, tenor, dan bass dijawarai oleh perwakilan sekolah ini, Selasa (4/5).

Seleksi Gita Bahana Nusantara sendiri hadir sebagai wadah ekspresi seni dan budaya generasi muda yang inklusif dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, Gita Bahana Nusantara juga menjadi platform jika sebuah kreasi dan kreativitas dapat memupuk semangat nasionalisme dan patriotisme untuk memperkuat karakter dan jati diri bangsa yang berbudaya.

Pemenang pertama untuk jenis suara Alto, Viola Lorensia mengaku sangat bersyukur diberikan kepercayaan menjadi pemenang. “Bersyukur sekali hari ini dapat menjadi juara di seleksi tingkat kabupaten,” ucap Viola.

Ia juga mengaku tidak menyangka karena seleksi kali ini adalah yang pertama ia ikuti. Tidak hanya itu ia juga mengaku persiapan yang dilakukan juga tidak banyak dalam waktu yang singkat. Sehingga kemenangannya kali ini adalah sebuah hadiah yang membahagiakan.

Senada juga disampaikan oleh pemenang kedua untuk jenis suara tenor, Rifky Wilian Padoma juga menyampaikan rasa syukur. “Alhamdulillah, sangat bersyukur bisa menjadi salah satu orang terbaik yang terpilih dari puluhan peserta pada GBN tahun 2021 kali ini”, ucap Rifky.

Ia kemudian juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, terutama pelatih. “Semua yang saya dapatkan hari ini tentunya tak luput dari doa dan usaha. Oleh sebab itu saya sangat berterima kasih kepada pelatih yang sudah semaksimal mungkin melatih hingga bisa menjadi juara,” tukasnya.

Tentunya keberhasilan ini tidak terlepas dari peran pelatih dan pembina yaitu Muhendy. Guru seni budaya ini juga pernah membahwa nama SMA Negeri 1 Manggar dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam bidang yang sama.

Saat ditemui, ia mengaku juga sangat bersyukur atas berkah yang didapatkan hari ini. Kemudian ia juga mengucapkan selamat untuk para pemenang. “Yang pasti saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Tentunya jangan terlena karena target kita adalah seleksi selanjutnya. Terus berlatih dan tetap semangat,” ujar Muhendy.

Kemudian Muhendy berharap dan meminta dukungan semua pihak agar seleksi lanjutan di tingkat provinsi dapat berlajan dengan baik dan tetunya menjadi juara. “Semoga tahun ini kami bisa mengulang sejarah di tahun 2018 lolos semuanya ke Nasional. Mohon doanya,” harapnya.

Ia juga mengatakan prestasi yang didapatkan adalah salah satu yang terbaik. Sebut saja untuk jenis suara sopran dan bass menyapu bersih podium juara atas nama Felia Karunia, Nadila Sopwah, dan Nadila Farras Adhin untuk jenis suara sopran dan Ferdy Anugrah, Givendra Dipanegara, serta Ghazi Alghifari untuk jenis suara Bass.

“Kemudian untuk jenis suara alto dan tenor masing-masing kami menduduki predikat juara 1 dan 2 atas nama Viola Lorensia dan Awaliyah Romadhani untuk jenis suara alto serta Risky Eriswansyah dan Rifky Wilian Padoma untuk suara tenor. Kami tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada sekolah dan pihak-pihak lainnya yang telah memberikan dukungan,” tandasnya.

Kepala SMA Negeri 1 Manggar, Sabarudin mengaku sangat bangga dengan capaian siswanya. Dia mengucapkan selamat dan terima kasih atas prestasi yang telah ditorehkan. “Selamat pastinya untuk siswa kami yang menjadi juara dalam seleksi tersebut,” ucap Sabarudin.

Tidak hanya itu ia juga mengucapkan terima kasih kepada pelatih yang telah luar biasa. “Terima kasih tentunya kepada pak Muhendy. Tidak mudah untuk menyabet gelar juara untuk semua jenis suara. Oleh sebab itu, apresiasi setingginya untuk beliau,” ujarnya.

Sabarudin kemudian berharap hasil baik ini dapat terus berlanjut. “Harapan kami dari pihak sekolah tentunya semoga nanti para juara di tingkat kabupaten ini dapat menjadi juara di tingkat provinsi dan menjadi wakil di tingkat nasional,” pungkasnya. (rel)