Rekrutmen TKS Pendamping Program Perluasan Kesempatan Kerja Dibuka

by -
Rekrutmen TKS Pendamping Program Perluasan Kesempatan Kerja Dibuka
Kepala Bidang Tenaga Kerja, Budi Swasta K Dinas KUMPTK Belitung.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Rekrutmen Pendayagunaan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) Sebagai Pendamping Program Perluasan Kesempatan Kerja Tahun 2020 sudah dibuka.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas KUMPTK Belitung melalui Kepala Bidang Tenaga Kerja, Budi Swasta K, berdasarkan surat Kementrian Ketenagakerjaan Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Dan Perluasan Kesempatan Kerja.

Menurut Budi, pelaksanaan kegiatan pendayagunaan TKS sebagai Pendamping Pogram Perluasan Kesempatan Kerja diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja Ditjen Binapenta dan PKK Kemnaker.

Ini sebagai wujud mengatasi masalah pengangguran karena terbatasnya lapangan pekerjaan sektor formal dengan tujuan untuk memberdayakan para pemuda dalam kegiatan pendampingan masyarakat.

“Program ini membutuhkan 640 orang Pendamping Program Perluasan Kesempatan Kerja,” kata Budi Swasta kepada Belitong Ekspres, Selasa (19/05).

Untuk itu, kata Budi pihaknya diminta dari Dinas Provinsi yang membidangi ketenagakerjaan untuk menginformasikan kepada masyarakat
tentang Rekrutmen Pendamping Program Perluasan Kesempatan Kerja Tahun 2020.

Adapun rencana rekruitmen awal TKS/Pendamping akan dilakukan pada Mei 2020 oleh panitia Pusat melalui seleksi administrasi online di website, dan akan segera diberikan dari Pusat kepada Dinas Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

“Sedangkan untuk Seleksi Psikotes dan wawancara akan dilakukan pada bulan Juni 2020 secara online yang akan dilaksanakan oleh Panitia Pusat bekerjasama dengan Tim Psikolog,” jelasnya.

Kemudian, kata Budi beberapa persyaratan tersebut yaitu, Warga Negara Indonesia, usia maksimal 50 tahun, memiliki minat dan motivasi menjadi pendamping perluasan kesempatan kerja, pendidikan minimal SMA, dan berdomisili di lokasi target kelompok usaha masyarakat, serta tidak terikat perjanjian kerja dengan instansi pemerintah atau swasta lainnya.

“Pendaftaran online dimulai Mei 2020, registrasi lamaran secara online di tkskemnaker.com dengan menyertakan surat keterangan domisili, KTP, Ijazah terakhir dan sertifikat pelatihan atau pendamping dalam format PDF atau JPG,” jelas Budi.

Selanjutnya, ada beberapa jadwal pelaksanaan kegiatan pendamping perluasan kesempatan kerja di antaranya, Pengumuman Rekrutmen dan Registrasi Online dari tanggal 18 hingga 31 Mei 2020.

Kemudian seleksi administrasi dari tanggal 1 hingga 16 Juni 2020, pengumuman hasil seleksi administrasi 16 Juni 2020.

“Psikotes wawancara 18 hingga 24 juni 2020, Pengumuman hasil Psikotes dan wawancara 30 juni, pembekalan pendamping 16 hingga 17 juli dan penugasan Agustus 2020,” pungkasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah