Rencana Salat Istisqo Ditunda

by -

TANJUNGPANDAN-Rencana Salat untuk meminta hujan, Salat Istisqo yang digagas oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung tertunda. Sebab, halaman Kantor Bupati Belitung akan digunakan sebagai tempat upacara peringatan hari Sumpah Pemuda.

“Terpaksa diundur, karena halamannya dipake untuk upacara,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung H Muhamadiah, Selasa (27/10).

Entah kapan rencana itu akan terealisasi, yang pasti Kemenag belum memutuskan jadwal selanjutnya. Selain itu rencana Salat minta hujan tersebut juga belum direstui oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Belitung. Sebab, saat ini menurut MUI belum memenuhi unsur.

“Belum ada, karena kemarin MUI mengatakan bahwa menurut MUI belum memenuhi unsur. Karena air masih mudah didapat, binatang belum ada yang mati masal, tumbuhan masih berbunga,” ujarnya Muhamadiah.

Muhamadiah mengatakan, tidak masalah untuk sementara ini ditunda. Pasalnya pelaksaan Salat istisqo ini bukan sebuah larangan jika dilaksanakan saat ini. Rencana semula untuk melaksanakan salat istisqo karena masyarakat sudah mulai banyak mengeluhkan kekurangan air. “Menurut hemat saya bukan satu larangan yang tidak boleh dilaksanakan,” tukasnya.

Saat ini informasi tentang salat ini sudah menyebar luas. Kemenag sudah menyebar sekitar 40 undangan di sekitar kantor Bupati Belitung. Lantas, masjid dan surau juga diberikan undangan. “Ini sudah menyebar sebenarnya,” kata Muhamadiah.

Sementara Kepala Bidang Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung Dulhadi mengatakan, lapangan kantor Bupati Belitung Rabu pagi akan dipakai tempat upacara sumpah pemuda. Upacara tersebut hanya upacara peringatan hari sumpah pemuda tidak ada acara tambahan. “Tidak ada kegiatan lain cuma upacara saja,” kata Dulhadi. (ade)