Rencanakan Lomba Musik Daerah

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

TANJUNGPANDAN – Musik daerah Belitong perlu diberi wadah agar berkembang. Untuk memberikan wadah itu, rupanya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung berencana membuatkannya dalam sebuah lomba.

Festival pertunjukan dan apresiasi seni yang telah berjalan beberapa tahun, tahun ini rencana akan diselipkan lomba musik kreatif. “Kebetulan ini memang kami ada program musik, tapi musik kreatif judulnya. Memang sih kita selama ini untuk lagu daerah itu langka. Apalagi pengiring musik tari. Harus ada kepandaian khusus untuk musik daerah,” kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparekraf Kabupaten Belitung Wiwih Widaningsih, di ruang kerjanya Selasa (20/1) kemarin.

Baca Juga:  PT BCA Kembali Berikan Pelatihan Pemandu Wisata

Menurut Wiwih, untuk melakukan itu juga tidak sembarangan. Mereka juga harus punya pengetahuan tentang bagaimana lagu daerah maupaun aspek pendukungnya. Jadi, untuk memacunya harus ada festival, harus lebih banyak diadakan.
“Mereka ada terbentuk grup. Rencananya untuk alat musik, menggunakan barang bekas atau alat band, asal tetap lagu daerah.  Cuma kami belum menentukan alat musiknya. Apakah dengan alat band, atau mereka menciptakan dengan alat musik sendiri,” ujar bendahara Dewan Kesenian Belitong ini.

Baca Juga:  Barongsai Meriahkan Malam Imlek di Belitung

Meskipun untuk lomba musik kreatif baru direncakana tahun ini, tapi lomba bernyanyi dengan lagu daerah sudah tiap tahun dilakukan. (ade)

Rate this article!
Tags:
author

Author: