Reses Anggota DPRD Batal

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MANGGAR – Anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur (Beltim) membatalkan rencana reses masa persidangan I tahun 2015. Padahal sebelumnya, sejumlah anggota dewan sudah berencana melaksanakan reses di daerah pemilihan masing-masing.

Kepala sub Bagian Risalah dan Persidangan pada Sekretariat DPRD Beltim, Adi Yusman membenarkan pembatalan reses anggota DPRD Beltim. Semula, ujar Adi, anggota dewan sepakat melaksanakan reses selama 4 hari terhitung tanggal 27 hingga 30 April 2015.

“Keputusan awal, rencananya selama empat hari tanggal 27, 28, 29 dan 30. Idealnya 6 hari reses, tapi mayoritas anggota tidak siap dan kurang terencana dan masih ada yang harus dikoordinasikan,” ungkap Adi, Rabu (29/4) kemarin.

Baca Juga:  Kesbangpol Siapkan Bantuan Parpol, Pencairan Tunggu Pemeriksaan BPK

Mengingat hal tersebut, rapat internal anggota DPRD Beltim memutuskan meniadakan reses masa persidangan I tahun 2015. Jika dilaksanakan, reses berkemungkinan terlaksana pada masa persidangan selanjutnya.

“Paling dilaksanakan pada masa sidang kedua. Mei hingga Agustus, sebab yang sekarang sudah tidak mungkin. Selain itu, selama reses, anggota dewan juga tidak masuk kantor sementara saat ini mayoritas tidak siap,” terangnya.

Menurut Adi, pelaksanaan reses bagi setiap anggota dewan akan mendapatkan anggaran sebesar Rp.9jutaan perorang. Dana tersebut digunakan untuk makan minum konstituen dan sewa jasa.

“Intinya, reses itu kembali ke konstituen masing-masing. Setiap anggota difasilitasi berupa makan, minum, sewa kursi dan tenda. Intinya, siap dana (anggaran reses) tersebut. Memang kalau tidak dimanfaatkan, berarti tidak tercapai,” paparnya.

Baca Juga:  Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi KPU Beltim

Sementara itu, Ketua DPRD Beltim, Tom Haryono mengatakan reses bagi anggota dewan bisa dilaksanakan secara kelompok maupun perorangan. Pembatalan reses anggota DPRD Beltim masa persidangan I karena pelaksanaan reses belum dipahami anggota dewan.

“Belum bisa dipahami, mereka takut dan masih perlu berkoordinasi. Jangan sampai melanggar aturan, bisa jadi masalah. Contohnya, semua harus ada kwitansi dan NPWP untuk pertanggungjawabannya. Sementara didaerah lain bisa, kok disini tidak bisa,” jawab Tom. (feb)

Rate this article!
Reses Anggota DPRD Batal,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: