Resmikan 12 Desa Sadar Hukum

by -

PANGKALPINANG – Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly meresmikan 12 desa/kelurahan sadar hukum serta bantuan hukum bagi orang miskin di Bangka Belitung (Babel), Jumat (7/8). Selain itu juga Yasonna meresmikan Babel sebagai kawasan berbudaya kekayaan intelektual.
Yasonna mengatakan, sampai saat ini dirinya sudah meresmikan 27 desa dan kelurahan sadar hukum. “Hingga saat ini sudah 27 desa dan kelurahan yang kita resmikan sebagai desa atau kelurahan sadar hukum,” ujar dia.
Sayangnya karena keterbatasan anggaran, baru 37 desa atau kelurahan yang diresmikan, padahal di Indonesia ada ratusan desa/kelurahan sadar hukum. “Kita terbentur dengan persoalan anggaran, sehingga dari ratusan desa atau kelurahan sadar hukum baru 27 desa yang diresmikan,” imbuhnya.
Dengan begitu apabila semua desa di Indonesia sudah sadar hukum, maka negara ini akan menjadi negara maju tingkat perekonomiannya seperti negara-negara lain di dunia. “Kalau semua desa kita sudah sadar hukum, maka tingkat perekonomian kita akan maju seperti negara-negara maju lainnya di dunia,” tukasnya. (cr62)