Retribusi Miras Cuma Rp10Juta/Tahun

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

//Gandhi Curiga Ada Kongkalingkong

PANGKALPINANG – Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pangkalpinang, Gandhi terkejut mengetahui retribusi dari Minuman Keras (Miras) hanya sebesar Rp10 juta pertahunnya. Padahal jumlah tempat hiburan malam yang menyediakan miras cukup banyak di kota Tudung Saji ini.
“Saya juga kaget melihat retribusi miras di Kota ini. Padahal penjualannya lihat saja sendiri sangat banyak disini (Pangkalpinang). Bagaimana ini bisa terjadi,” heran Gandhi, kemarin (26/1).
Gandhi memastikan Komisi I akan bertindak dengan kembali mempertanyakan hal tersebut kepada Walikota Pangkalpinang. Muhammad Irwansyah perihal retribusi miras yang tidak sesuai dengan jumlah tempat hiburan yang ada. Ia pun akan mempertanyakan hal serupa dengan dinas terkait sehingga ada kejelasan alasan kecilnya retribusi miras yang diterima.
“Saya juga tidak mengerti, dimana peran dinas terkait. Ada apa sebenarnya sehingga tidak bisa menarik retribusi, atau ada kongkalikong terkait retribusi ini,” cetusnya.
Untuk mengetahui pasti hal ini, Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengaku akan meminta penjelasan payung hukum yang mengatur soal pungutan retribusi bagi para pelaku bisnis miras. “Jika memang ada Perda (Peraturan Daerah), seperti apa retribusi seharusnya. Atau apa memang tidak memungut karena takut. Ini yang akan kita pertanyakan,” tegas Gandhi.
Komisi I, kata Gandhi, akan mengatur agenda pertemuan dengan Walikota dan dinas terkait  perihal meminta penjelasan terkait retribusi. Hanya saja dirinya belum bisa memastikan kapan waktu pertemuan tersebut. “Secepatnya. Karena jangan sampai Pemerintah kita dirugikan akan hal ini,” tukasnya. (cr61)

Baca Juga:  Elfandi Pantau Atlet Atletik Jarak Jauh di Pengalengan Bandung

Rate this article!
Tags:
author

Author: