Revisi Ditarget Kelar Akhir Mei

by -

PANGKALPINANG – Anggota Komisi I DPR RI, Rudianto Tjen meyakini revisi UU Pilkada akan segera diselesaikan. Meski saat ini, para wakil rakyat yang ada di Senayan itu sedang sibuk melakukan reses di sejumlah wilayah di Indonesia. Hal ini dikatakannya kepada sejumlah wartawan, Selasa (10/5) kemarin.
Sejauh ini kata politisi PDIP itu, revisi UU Pilkada sedang dibahas dan ditargetkan pada 31 Mei mendatang sudah ada putusan. Dalam pembahasannya ada beberapa point krusial yang masih dipermasalahkan.
“Kita terkendala reses, sejauh ini sudah dibahas pertengahan Mei mulai pembahasan lagi. Target kita 31 Mei sudah ada putusan,” ungkapnya.
Beberapa point menjadi perhatian yakni, subtansi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) sebanyak enam poin sebagai isu strategis. Seperti, kewajiban PNS, anggota dewan untuk mundur pada penetapan pasangan calon. Ketentuan soal narapidana maju sebagai pasangan calon, kemudian, penghapusan syarat tidak memiliki konflik, kepentingan dengan petahana.
Penyesuaian norma tentang pasangan calon tunggal, juga tak ketinggalan. Selain itu, penegasan tugas Bawaslu pusat, soal penegakan hukum pelanggaran kampanye, pengertian petahana, upaya peningkatan partisipasi pemilih, sanksi bagi parpol atau gabungan parpol yang tak mengusulkan pasangan calon, dan waktu pelantikan.
“Point krusial mundur tidaknya anggota dewan ini, karena banyak fraksi yang maunya cuma cuti. Tapi putusan MK sudah putus menurut versi pemerintah harus mundur, jangan sampai masalah-masalah ini membuat tahapan Pilkada jadi kacau,” tukasnya. (tob)