Riau Dominasi Medali

by -

PANGKALPINANG – Provinsi Riau langsung mendominasi perolehan medali Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) IX Sumatera dengan mengumpulkan 6 emas dan 5 perak. Sementara tuan rumah, Babel menempati peringkat keempat dengan 2 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Di peringkat kedua, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan 4 emas, 1 perak disusul Sumatera Barat dengan 3 emas, 3 perak dan 3 perunggu di peringkat ketiga.
“Medali emas pertama Babel diperoleh Sri Radita, atlet atletik jalan cepat 20 km Putri,” kata ketua Kontingen Babel, Efredi Effendi, kemarin (12/11). Satu emas lainnya disumbangkan atlet atletik Lontar Martil Putri, atas nama Kahesa Prajasena, mendali Perak diraih atletik lompat jangkit putra, atas nama Suandi Wijaya, periah dua mendali perunggu lompat jangkit putra, diraih Asril dan lontar martil putra, diraih oleh Trisuhartomo.
Ketua pembinaan prestasi KONI Babel, Harun menambahkan, Babel kecolongan satu emas di nomor lompat jangkit dikarenakan atlet andalan Asril mengalami cedera hamstring. “Meski dari awal memang kita tidak menargetkan di nomor tersebut namun perlu diketahui yang bersangkutan sudah lolos di limit PON pada kejurnas beberapa waktu lalu,” ungkapnya.
Harun yang juga Wakil Ketua Bidang pembinaan prestasi PASI Pengprov Babel mengatakan dengan perolehan 2 medali emas, sudah pencapaian terbaik atlet atletik Babel. Pasalnya, kemampuan merata atlet membuat persaingan ketat perolehan medali diantara 10 Provinsi se Sumatera. Ia menambahkan pada hari pertama, target perolehan medali cukup memuaskan meski hanya mendapat 2 medali emas dari 3 target medali.
Menutup kekurangan target, atlet Babel diharapkan meraih medali emas di nomor lompat jauh putra, lompat jauh putri, 400 meter putra, 200 meter putra, 100 meter gawang putra, 400 meter gawang, dan juga di nomor lari estafet. “Dan itulah yang akan kita targetkan, semoga apa yang akan kita targetkan tersebut akan maksimal dalam peraihan medali di cabor atletik ini. Jika memang ada kejutan-kejutan lain, Insyallah nanti juga bisa terjadi di nomor nomor lainnya,” harap Harun.(tya/msi)