Ribuan Biji Karet Bersertifikat Bakal Disalurkan

by -

PANGKALPINANG – Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan (Distanbunnak) Bangka Belitung (Babel) akan menyalurkan 500 ribu biji karet bersertifikat untuk meningkatkan produksi karet para petani Babel.
“Dalam waktu dekat kami akan menyalurkan biji karet yang telah disertifikasi oleh BBP2TP Babel,” kata Kepala Distanbunnak Babel Toni Batubara, Kamis (26/3).
Ia menjelaskan dana bantuan biji karet bersertifikat ini berasal dari APBD 2015 untuk meringankan beban petani memperoleh bibit karet berkualitas yang dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani. “Saat ini, kami sedang melakukan pendataan calon penerima bantuan, agar bantuan ini tepat sasaran,” ujarnya.
Menurut dia, dengan adanya bantuan ini, petani bisa mengembangkan sendiri karet berkualitas menggunakan polybek. “Kami juga melatih petani mengembangkan bibit karet berkualitas, sehingga mereka tidak lagi menggunakan bibit karet berasal dari alam,” jelasnya.
Ia mengatakan, bibit karet bersertifikat banyak memiliki keunggulan, misalnya masa panen yang relatif cepat, menghasilkan getah lebih banyak, tahan hama penyakit dan lainnya. “Karet bersertifikat berumur empat tahun sudah bisa disadap, sedangkan bibit karet alam mencapai enam hingga tujuh tahun,” imbuhnya.
Selama ini, kata Toni, sebagian besar petani karet masih menanam bibit karet alam, sehingga mereka sulit untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya, karena getah yang dihasilkan kurang. “Kami berupaya agar petani ini beralih menanam bibit karet yang bersertifikat ini dan tidak lagi menanam bibit-bibit karet alam rawan penyakit yang akan merugikan petani,” tandasnya. (ant/rb)