Ribuan Warga Saksikan Kemeriahan Pawai

by -

*131 Peserta Ambil Bagian, Pawai Pembangunan Tahun ini Meriah

FOTO A. Mayoret dari Drum Band SMA 1 Gantung Memberikan Penghormatan

PAWAI PEMBANGUNAN: Salah satu penampilan mayoret dari Drum Band SMA 1 Gantung saat memberikan penghormatan dalam pawai pembangunan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 70.

MANGGAR – Ribuan masyarakat dari berbagai kecamatan di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) tumpah ruah menyaksikan Pawai Pembangunan dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 70 di Kecamatan Manggar, Kamis (20/8) kemarin. Meski cuaca panas dan berdebu, tak menyurutkan antusiasme masyarakat yang sudah lama menanti ajang tahunan ini.
Tak sedikit warga, yang harus rela harus meninggalkan aktivitasnya sehari-hari demi menonton berbagai kreasi yang disajikan dari 131 grup peserta pawai. Ali (52), pemilik toko kelontong di bilangan Kelenteng Desa Kurnia Jaya Kecamatan Manggar ini bahkan sejak pukul 13.00 siang sudah menutup tokonya.
“Sengaja kita tutup biar bisa enak nontonnya. Sayang melewatkannya setahun sekali soalnya,” kata Ali.
Didampingi istrinya, Ia mengungkapkan peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Beltim tahun ini lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.
“Lebih rame yang nonton, terus yang ikut juga saya dengar lebih rame. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih lagi,” ujarnya.
Hal senada juga diungkapkan oleh Rina, (35). Warga Kecamatan Kelapa Kampit ini menyatakan sudah tiba di Manggar sejak pukul 10.00 pagi. Dengan ditemani anaknya yang masih balita, Ia mengaku datang untuk melihat anak dan suaminya yang menjadi peserta dalam pawai pembangunan.
“Dak sempat masaklah, kan nak nonton pawai. Jarang-jarang ne liat hiburan kayak gini,” ungkapnya.
Menurutnya kegiatan seperti ini sangat unik, dan dapat melepaskan ketegangan yang ada. “Lucu-lucu liat yang ikut pawai. Ada yang jadi dukun, bencong dan banyak yang lagak-lagak. Lumayan untuk menghilangkan stres,” katanya.
Bupati Beltim, Basuri T Purnama yang turut menyaksikan dari awal hingga akhir mengaku bangga dengan partisipasi warga Beltim dalam memeriahkan pawai pembangunan. Bahkan adik Ahok ini mengaku terharu dengan semangat para peserta.
“Saya sangat bangga dengan masyarakat Belitung Timur dan seluruh masyarakat yang sudah ikut mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mulai dari TK PAUD sampai masyarakat umum semua beragam, dan ini mengharukan saya sebagai Bupati,” ungkapnya.
Lebih lanjut Ia menyatakan, semangat masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, merupakan bukti bahwa masyarakat ingin mengisi pembangunan yang ada di Kabupaten Beltim.
“Ini membuktikan masyakat kita optimis dalam membangun Belitung Timur. Sebab itu saya ingin mengajak, kepada seluruh komponen masyarakat mari kita satukan hati, bersama-sama kita bangun Belitung Timur yang kita cintai,” ajaknya.
Pawai pembangunan yang dimulai pukul 13.00 dan berakhir pukul 18.00 ini diikuti oleh 131 peserta. Peserta terdiri dari peserta jalan kaki sebanyak 93 regu, kendaraan bermotor roda dua 6 regu, dan roda empat sebanyak 32 regu.
Dalam pawai ini mayoritas peserta, memberikan atraksi di hadapan panggung kehormatan. Selain itu mereka juga memberikan souvenir, baik berupa hasil pertanian, laut, maupun batu kinyang kepada bupati dan para undangan yang ada di panggung kehormatan.  (feb/hms)