RS Arsani Terbaik se Babel

by -

PANGKALPINANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Bangka Belitung (Babel) menganugerahi penghargaan kepada Rumah Sakit Arsani, atas kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Penghargaan yang diberikan kepada Rumah Sakit  milik Hidayat Arsani Wakil Gubernur Babel ini sebagai Rumah Sakit terbaik se Babel, dalam berkontribusi dan bekerja sama untuk menjalankan program BPJS dengan sangat baik.
Kepala BPJS Kesehatan Babel, Mochammad Cucu Zakaria, mengatakan predikat terbaik tersebut diberikan kepada RS Arsani setelah melewati beberapa penilaian. RS yang dibangun Hidayat Arsani sebelum menjadi Wakil Gubernur tersebut, telah mampu menciptakan kontribusi yang maksimal dibandingkan dengan RS yang ada. Kata Cucu, dari 21 RS dan Unit Pelayanan lainnya, BPJS memilih RS Arsani sesuai dengan kinerjanya.
“Dari 21, kita memilih dan menilai RS Arsani paling layak menyandang predikat rumah sakit terbaik dari segi kontribusi dan kinerja pelayanan terhadap masyarakat,” kata Cucu, ditemui di kantornya, Kamis (26/11) kemarin.
Menurutnya adapun tolak ukur yang menjadikan RS Arsani sebagai RS terbaik yakni diantaranya mampunyai managemen dalam menyelesaikan permasalahan ataupun kasus yang timbul dalam pelayanan kesehatan. RS Arsani juga dianggap bisa meminimalisir keluhan-keluhan masyarakat yang datang berobat.
“Kami apresiasi RS yang menurut kami berkontribusi. Kami rankingkan. Kami nilai berdasarkan penilaian dan RS Arsani sebagai terbaik dalam kontribusi kerjasama menjalankan program BPJS. Penilaian kita yakni agaimana Arsani menyelesaikan kasus yang timbul dengan sangat baik tanpa menimbulkan masalah baru,” jelasnya.
Selain itu, RS Arsani juga sangat menerapkan disiplin kerja maupun disiplin administrasi, terutama disiplin dalam menyampaikan tagihan RS kepada BPJS, sehingga mempercepat proses administrasinya.
“Dengan begitu, akan mudah bagi kita mengurusnya. Tagihan itu kan hutang, makanya harus cepat dan disiplin. RS Arsani juga tidak pernah mangkir dalam setiap kegiatan yang kita selenggarakan. Setiap ada kegiatan mereka selalu terlibat. Itu membuktikan fokus mereka terhadap pelayanan kesehatan,” sebutnya.
Namun Cucu mengaku kelengkapan sarana dan prasarana tidak mutlak menjadi penilaian untuk menentukan yang terbaik. Sebab menurutnya, ada beberapa RS yang memiliki sarpras memadai namun tidak dari sisi pelayanan. “Kalau lengkap, masih ada yang lebih lengkap dari Arsani, tapi sisi kontribus pelayanannya yang dinilai,” katanya.
Selain RS Arsani, lanjut Cucu, pihaknya memberikan penghargaan kepada dua RS lainnya yang dinilai terbaik kedua dan ketiga dalam hal serupa. “Penilaian terbaik kedua kita berikan kepada RSUD Bangka Tengah dan RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang. Ini adalah penghargaan yang pertama kita berikan. Karena kita juga masih baru,” tukasnya. (tya)