RSUD Belitung Kini Miliki Fasilitas Lengkap, Kedepan Berobat Tidak Perlu Keluar Daerah

by -
RSUD Belitung Kini Miliki Fasilitas Lengkap, Kedepan Berobat Tidak Perlu Keluar Daerah
Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti gedung dan dilanjutkan pemotongan pita oleh Bupati Belitung Sahani Saleh.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos, melakukan peresmian Gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD), fasilitas Cathlab, serta Pelayanan Treadmill di RSUD dr. H. Marsidi Judono, Rabu (3/3) kemarin. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti gedung dan dilanjutkan pemotongan pita.

Seremonial peresmian dilakukan bersama Wakil Belitung Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung H. MZ Hendra Caya, M.Si, Ketua Komisi 3 DPRD Belitung Mahyudin dan Direktur RSUD dr. H. Marsidi Judono dr. Hendra Sp.An.

“Peresmian beberapa fasilitas di RSUD dr. H. Marsidi tadi, merupakan kelengkapan untuk pelayanan kesehatan secara menyeluruhnya,” kata Bupati Belitung yang akrab disapa Sanem kepada Belitong Ekspres usai acara peresmian.

Menurutnya, dari segi alat-alat kesehatan di RSUD sudah lengkap, apalagi akan ditambah dokter spesialis. “Dokter spesialis itu ada 23, maka itu harus ada semuanya, insyaallah secara bertahap. Di tahun 2024, Program Sehati tidak ada lagi, kita tidak perlu lagi merujuk pasien keluar, karena pelayanan di Belitung sudah lengkap,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobei mengatakan, peresmian ini merupakan pembuktian bahwa RSUD beserta jajaran manajemennya sanggup membaca kebutuhan masyarakat, serta merespon kebutuhan masa depan dan kebutuhan saat ini. “Ke-3 fasilitas yang diresmikan tadi sangat dibutuhkan saat ini dan di masa yang akan datang,” katanya.

Direktur RSUD dr. H. Marsidi Judono dr. Hendra Sp.An menyebutkan, Gedung IGD yang baru ini merupakan persembahan dari manajemen RSUD dalam rangka meningkatkan pelayanan kegawat daruratan, yakni untuk pasien-pasien yang gawat darurat.

“Kapasitas gedung ini ada 22 bed, sebelumnya ada 12 bed, terbagi dari kategori prioritas pasien gawat darurat, pasien gawat tapi tidak darurat, dan yang tidak darurat,” terangnya.

Dokter Hendra menjelaskan, dalam gedung itu ada ruang isolasi, ruang dekontaminasi serta dilengkapi ruang Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK). Sehingga pasien-pasien yang ingin melahirkan dengan kondisi komplikasi, itu juga bisa segera ditangani di IGD. “Di lantai dua juga dilengkapi ruang pertemuan, ada ruang ganti, pantry, kantor juga ada, depo farmasi juga di bawah,” jelasnya.

Lebih lanjut dr. Hendra mengatakan, Cathlab merupakan sarana pelayanan canggih yang kini dimiliki RSUD Kabupaten Belitung. Fasilitas itu juga memiliki banyak fungsi seperti pelayanan jantung dan pembuluh darah.

“Selain itu, fasilitas ini juga bisa untuk pemasangan ring jantung, pasien dengan penyakit jantung koroner, pelayanan radiologi intervensi seperti pengobatan tumor dan lain sebagainya,” papar dr Hendra.

Sedangkan untuk fasilitas Treadmill, pelayanan itu sangat mendesak kebutuhannya untuk mengetahui tingkat diagnosis penyakit seseoarang itu, apakah memiliki potensi serangan jantung. “Itu juga untuk menilai kebugaran, untuk memfollow up pengobatan jantung itu. Jadi gak perlu lagi orang ke Jakarta untuk berobat,” tandasnya. (dod/adv)