RSUD dr H Marsidi Judono Sudah Rawat 5 Pasien PDP dan ODP Corona

by -
RSUD dr H Marsidi Judono Sudah Rawat 5 Pasien PDP dan ODP Corona

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Hingga Selasa (17/3) sudah ada 5 Pasien dengan status Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait penyakit suspect Corona di RSUD dr H Marsidi Judono Belitung.

Hal tersebut disampaikan Direktur RSUD dr H Marsidi Judono dr Hendra SpAn dalam rapat lanjutan Covid-19 di Ruang Sidang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung.

dr Hendra menyebutkan, pertama Pasien 01 anak-anak datang ke RS tanggal 15 Maret. Kondisi sekarang stabil, dan ditetapkan sebagai PDP. Juga sudah dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan dan siap dikirim.

“Sudah 2 kali diambil sampel, dan sudah siap kirim, namun belum dikirim juga karena ada keterbatasan,” kata dr Hendra dalam pertemuan itu.

Kemudian, pasien 02. Datang ke RSUD Marsidi Judono tanggal 15 Maret pukul 14.00 WIB, yang merupakan pasien rujukan dari RSUD Beltim.

“Setelah kami lakukan pemantauan 24 jam, kami putuskan pasien ini ODP. Pasien nomor 2 kini sudah dipulangkan karena dia kondisinya baik. Tidak batuk tapi tetap berstatus ODP, tetap kami lakukan pemeriksaan swab,” terangnya.

Selanjutnya, pasien 03 datang tanggal 16 Maret pukul 10:30 WIB, yaitu Tuan N. Pihaknya menetapkan PDP, karena pasien ini pernah mengunjungi tempat-tempat yang ada wabah tersebut. Serta pasien ini memiliki gejala yang patut diduga sebagai Suspec Covid-19.

Kemudian pasien 04, masuk tanggal 16 Maret pukul 11:35 WIB, yang merupakan rujukan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Pasien tersebut ( ABK) kapal Tanker, yaitu perjalanan dari Singapura.

“Awalnya mengalami gangguan nyeri perut, ternyata setelah diperiksa banyak sekali gejala yang mendekati gejala klinis. Jadi kami tetapkan PDP, sekarang diisolasi di Rumah Sakit di ICU,” terangnya.

Selanjutnya, pasien 05, masuk tanggal 16 maret pukul 19:00 WIB. Pasien usia 20 tahun dengan gejala demam, batuk, sesak, dan juga mereka tetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan.

“Nanti akan kami lakukan pemeriksaan Swab pada hari ini, dan besok untuk segera dikirim sampelnya,” tandas dr Hendra. (dod)

Editor: Yudiansyah