RTH Ubah Wajah Kota

by -

SUNGAILIAT – Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Pelataran Parkir di kawasan Terminal Sungailiat diharapkan bisa mengubah wajah kota Sungailiat menjadi lebih indah dan bermartabat dengan menyandingkan pembangunan infrastruktur, para pedagang dan warga yang berdomisili di sekitar Terminal Sungailiat.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Humas, PDE, dan Santel Setda Bangka, Boy Yandra menanggapi aspirasi warga yang domisili di sekitar Terminal Sungailiat secara tertulis kepada Bupati Bangka, Kamis (30/7) di ruang kerjanya.
“Pada intinya warga yang berdomisili di sekitar Terminal Sungailiat mendukung pembangunan tersebut. Namun mereka meminta pembangunan tersebut tidak menutup rumah tempat tinggal mereka yang juga sekaligus tempat usahanya,” ungkap Boy Yandra.
Disampaikan Kabag Humas lagi, dalam surat tertulis yang disampaikan kepada Bupati Bangka tertanggal 24 Juli 2015 terdapat enam poin yang disampaikan dengan intinya meminta kepada Pemda Bangka dalam pembangunan Ruang Terbuka Hijau di kawasan Terminal Sungailiat tersebut memperhatikan keberadaan rumah tempat tinggal serta tempat usaha mereka.
“15 warga yang menandatangani surat pernyataan tersebut mengusulkan agar nantinya akses menuju rumah tinggal berikut tempat usaha mereka dapat dibuka jalan aspal lebar melingkar dan menghadap ke ruang terbuka hijau serta kios-kios pasar Mambo dikumpulkan tepat di tengah-tengah berada di samping tugu sebagai Pusat Jajanan serba Ada (PUJASERA) Sungailiat,” kata Boy Yandra.
Dalam kesempatan itu, Boy Yandra menyampaikan terima kasih atas aspirasi warga dan hal tersebut akan ditindaklanjuti dengan sebaik mungkin karena dalam pembangunan yang rencananya akan dimulai pada tahun 2016 tersebut akan tetap memperhatikan aspek sosial sehingga semua pihak akan merasa nyaman dengan keberadaan RTH di jantung kota Sungailiat. Pemda Bangka juga akan melakukan sosialisasi dengan mengundang warga di sekitar terminal Sungailiat untuk duduk bersama dalam rencana pembangunan tersebut.
“Konsep pembangunannya adalah  pelataran parkir dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sehingga kawasan tersebut yang merupakan pusat kota Sungailiat menjadi lebih indah. Aspirasi warga akan tetap diperhatikan sehingga RTH tersebut bisa membuat nyaman seluruh warga Kota Sungailiat. Kita juga akan mengundang warga untuk membahas pembangunan tersebut,” pungkas Boy Yandra. (rel)