Rudianto Tjen Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis

by -

*Di RS Beltim, Masyarakat Kurang Mampu Silahkan Daftar

TANJUNGPANDAN-Politisi PDIP, Rudianto Tjen kembali akan menggelar operasi katarak gratis bagi masyarakat di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. Rencananya, operasi akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 November 2015 mendatang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Belitung Timur.

Rudianto Tjen menyebutkan, peserta akan dilakukan screening awal. Lantas, untuk pendaftaran pada tanggal 13 November 2015 di kantor DPC PDIP Tanjungpandan dan 14 November di kantor DPC PDIP Beltim untuk memastikan layak atau tidaknya pasien dilakukan operasi. Saat ini, ada 250 pasien yang sudah terdaftar di DPC PDIP Tanjungpandan. Ditargetkan pasien yang dapat dilakukan operasi di atas 200 orang.

“Silahkan mendaftar di DPC PDIP tanggal 13 nanti dan langsung screening awal. Kita targetkan untuk kali sebanyak 200 orang lebih dapat operasi katarak,”ungkap Rudianto kepada sejumlah wartawan.

Operasi ini diperuntukkan ke seluruh masyarakat baik yang mampu maupun tidak mampu untuk operasi sendiri. Namun dengan syarat, pada saat screening mereka lolos, pemeriksaan, cek apakah benar katarak atau tidak, cek darah tinggi dan gula darah. “Supaya pada hari H semuanya bisa operasi, akan di screening awal, rencananya tanggal 19-21 nanti di RSUD Beltim dilakukan operasi,” tambahnya.

Operasi katarak sengaja dilakukan karena dirinya dipilih oleh masyarakat Bangka dan Belitung, Rudianto merasa bertanggungjawab ke masyarakat dalam program kesehatan. Selain itu, operasi katarak manfaatnya luar biasa, menyelamatkan dunia orang yang sudah gelap gulita.

“Dengan operasi ini mata orang sudah gelap bisa terang, bisa kembali normal. Banyak yang mengucapkan syukur, karena operasi sendiri itu berat, bisa mencapai Rp 12 jutaan. Dengan operasi gratis ini bisa menikmati kembali, ini sudah tiga kali di Belitung dalam 10 Tahun terakhir,” tukasnya.

Lebih jauh, dipilihnya Belitung Timur bukan karena di sana sedang dilangsungkan Pilkada serentak, melainkan pindah tempat saja. Karena sebelumnya sudah beberapa kali dilaksanakan di Tanjungpandan operasinya.

Sementara, Ketua Pelaksana Hendri Dunan meminta masyarakat Belitong dapat memanfaatkan moment ini. Sejauh ini, operasi katarak gratis animo masyarakat cukup tinggi. “Mari manfaatkan moment ini. Karena operasi cukup mahal, kita tunggu di tempat pendaftaraan. Silahkan berbondong-bondong datang untuk mendaftar,” katanya. (ade)