banner 728x90

Runway Rusak, Operasional Penerbangan Sempat Ditutup

Life at ease with amazing nature| Leebong island

Dok/Belitong Ekspres

* Kini Aktivitas Penerbangan Kembali Normal
* Perbaikan Untuk Keselamatan & Keamanan

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Gara-gara kerusakan landasan pacu (runway), rute penerbangan pagi dari dan ke Bandara Internasional H.AS Hanandjoeddin, Tanjungpandan, Belitung Sabtu (2/3), sempat ditutup sementara. Akibatnya, sejumlah rute penerbangan terpaksa ditunda dan dialihkan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Pesawat NAM Air sedianya take off pukul 6.00 WIB dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten. Namun maskapai penerbangan Sriwijaya Group itu, tertunda delay hingga 8.20 WIB.

Azhar, salah satu penumpang menyebutkan mendapat pemberitahuan dari istrinya adanya penundaan penerbangan di Bandara Soetta.Selain itu, ia juga diberitahu pesawatnya terpaksa dialihkan ke Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang pesawat NAM Air pun terbang menuju Tanjungpandan kurang lebih sekira pukul 10.30 WIB. Akibatnya, Azhar terpaksa menunggu sang istri hingga berjam-jam di Bandara H.AS Hanandjeoddin.

“Saya nunggu istri 3 jam, dari Jakarta menuju ke Tanjungpandan Belitung. Rencananya pesawat datang sekitar pukul 07.00 WIB. Namun, tadi saya dapat SMS dari istri pesawat yang ditumpanginya dialihkan ke Pangkalpinang,” kata Azhar kepada wartawan.

Senada diungkapkan salah satu penumpang lain di Bandara H.AS Hanandjoeddin. Ia menuturkan mendapat pemberitahuan penundaan penerbangan saat check in. Bahkan ia diberitahu penundaan penerbangan karena adanya kerusakan runway bandara.

“Pesawat kami delay, nanti berangkat pukul 11.50 WIB, tujuan Jakarta. Tadi dapat pemberitahuan tadi pas saat cek in. Katanya ada perbaikan landasan bandara,” ujar pria yang ingin pulang kampung ke Jawa Tengah itu.

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) H.AS Hanandjoeddin Tanjungpandan Ben Adi Surya, membenarkan adanya kerusakan pada landasan pacu bandara, Sabtu (2/3) akhir pekan lalu.

Hal itu disampaikannya, melalui siaran pers Nomor : 01/SP/III/UPBU.TJQ/2019, Minggu (3/3). Operasional penerbangan dari dan menuju Bandara H.AS. Hanandjoeddin, kembali dibuka pasca penutupan sementara akibat perbaikan runway mulai pukul 09.00 WIB. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan standar keselamatan penerbangan.

Ben mengatakan operasional bandara H.AS Hanandjoeddin kembali dibuka pada pukul 10.00 WIB setelah kurang lebih 1 jam dilakukan perbaikan tersebut.

“Berdasarkan laporan ATC terjadi sedikit kerusakan pada lapisan perkerasan runway pada posisiSTA 1+500 dengan diameter 30×30 cm, namun hal ini langsung dapat kami atasi,” terang Ben.

Penutupan sementara penerbangan ini kata Ben mengakibatkan beberapa penerbangan mengalami keterlambatan.

Antara lain, Garuda Indonesia GA282 rute Jakarta-Tanjungpandan, Wings Air IW2276 rute Pangkal Pinang-Tanjungpandan, dan NAM Air IN056 rute Jakarta-Tanjungpandan, yang akhirnya divert menuju Pangkal Pinang.

Penghentian sementara aktivitas penerbangan pada Sabtu kemarin sesuai dengan NOTAM C1788/19 yang berlaku mulai pukul 09.00 WIB.

Namun setelah dilakukan perbaikan pihak UPBU H.AS Hanandjoeddin kembali membuka penerbangan pada pukul 10.10 WIB.

“Kami telah menyelesaikan perbaikan pada runway pada posisi STA 1+500, sebagai bentuk komitmen terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan,” tandas Kepala Kantor UPBU H.AS Hanandjoeddin, Tanjungpandan. (*/kin)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply