Rupiah Jadi Mata Uang Terbaik di Asia

by -
Rupiah Jadi Mata Uang Terbaik di Asia
Ilustrasi: PIxabay

belitongekspres.co.id, JAKARTA – Hingga penutupan tahun 2019 nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat sebesar Rp13.880 per dolar AS. Dengan demikian, Rupiah menjadi salah satu mata uang yang terbaik di Asia.

“Nilai tukar yang terbaik. Kalau di Asia tentu saja di bawah Thailand tapi hampir sama dengan Filipina,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo di Jakarta, kemarin (4/1/2020).

Penguatan nilai tukar rupiah mendapat apresiasi sebesar 2,68 persen sehingga mengindikasikan stabilitas eksternal. “Stabilitas eksternal terlihat dalam pergerakan nilai tukar rupiah kita sepanjang 2019. Kondisi itu mengalami apresiasi cukup besar,” ujar dia.

Stabilitas eksternal, Perry menjelaskan, juga bisa dilihat dari banyaknya aliran modal asing yang masuk sepanjang 2019 yaitu sebesar Rp224,2 triliun. arus modal asing itu dari Surat Berhaga Negara (SBN), pasar saham, obligasi kooporasi, dan Sertifikat Bank Indonesia.

Selain itu, dari indikator Credit Default Swap (CDS) yang berada di angka 60,6 bps juga merupakan level terendah dalam lima tahun terakhir.

Selanjutnya, laju inflasi Indonesia pada 2019 yang menyentuh angka 2,72 persen (year on year/yoy) merupakan paling rendah sepanjang 20 tahun terakhir sebab ketika 1999 inflasi berada di sekitar 1,9 persen.

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Piter Abdullah mengatakan, meskipun nilai tukar rupiah menguat hingga awal tahun 2020 namun mesti diwaspadai. Karena penguatan hanya sementara saja.