Rusak Dimakan Usia, Lantai GOR Tanjungpandan Diperbaiki  2021

by -
Rusak Dimakan Usia, Lantai GOR Tanjungpandan Diperbaiki  2021
Kondisi Lantai GOR Tanjungpandan, yang sudah rusak dimakan usia.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Lantai GOR Tanjungpandan yang beralamat di Pangkallalang direncanakan akan diperbaiki di tahun 2021 mendatang. Pasalnya, kondisi fisik lantai GOR itu memang sudah sangat buruk dan terlihat beberapa tambalan lantainya menggunakan lakban warna hitam.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Belitung, Soebagio mengatakan, rencana renovasi lantai GOR Tanjungpandan tahun depan. Apalagi untuk renovasi lantai ini belum pernah dilakukan sejak 14 tahun lalu. Yaitu terakhir kali direnovasi pada pagelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bangka Belitung pada 2006.

“Tahun ini diperubahan, kita baru DED (Detail Engineering Design), nanti kita usulkan ditahun depan fisiknya. Karena aturannya sekarang ini tidak bisa DED satu tahun yang sama dengan pelaksanaan pekerjaan, Jadi DED harus di tahun sebelumnya,” kata Soebagio kepada Belitong Ekspres, Rabu (18/8).

Selain renovasi lantai, kata Soebagio GOR Tanjungpandan itu juga direncanakan pengecatan, dan ada rencana perbaikan ruang ganti dan toilet. Renovasi lantai ini direncanakan akan memakan anggaran RP 500 hingga Rp 600 juta.

Akan tetapi anggaran itu masih prediksi dan belum bisa dipastikan besaran anggaran yang akan dikeluarkan untuk renovasi itu. Jika ditotal keseluruhan, yakni ditambah pengecatan, renovasi ruang ganti dan toilet, bahkan bisa mencapai Rp 1 miliar. “Angka dana yang pastinya belum ada, kan masih DED dulu,” terangnya.

Lebih lanjut kata Soebagio, pada tahun kemarin hanya ada rehab instalasi lampu. Karena lampu itu juga sudah lama, terkakhir dilakukan renovasi pada 2006 yang lalu. “Itu kita ganti semua, dari lampu, kabelnya. Itu kemaren sekitar Rp 200 jutaan,” ujarnya.

Soebagio menjelaskan rusaknya lantai GOR itu selain dari faktor usia, ada juga penyebab lain. Semisal akibat atap bangunan yang bocor sebelumnya dan menyebabkan lantai GOR yang berbuat dari kayu itu menjadi mudah lapuk.

Dikatakannya, untuk pecinta olahraga di dalam ruangan (indoor), seperti futsal dan lainnya, ada rencana pembangunan GOR type B pada tahun 2021 mendatang. “Kita akan bangun GOR type B. Tapi Insyaallah juga, ini dari pusat, kita masih ngejar itu, 2021 ada program di Kemenpora itu ada pengadaan GOR type B,” tukasnya.

Hingga saat ini pihaknya sudah mempersiapkan lahan pembangunan GOR type B itu, jika kucuran dana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga ini jadi. Lahan yang akan digunakan nantinya berdekatan dengan DPRD Belitung, atau lebih tepatnya di belakang Kantor DPRD tersebut.

“Kemarin sih janji pusat 2021 itu Belitung untuk GOR type B. Kalau melihat dari yang sudah daerah dapat, yaitu Bangka Tengah itu sekitar 15 milyar,” katanya. Kemudian lanjut dia, GOR Type B berstandar itu akan dapat menampung beberapa cabang olahraga indoor yakni Futsal, Badminton, Voli, Basket dan lain-lain. (dod)