Rute Penerbangan Belitung-Bandung Peluang Besar UKM dan Pelaku Ekraf

Kepala Dinas Pawisata Belitung Hermanto.

Keran Baru Kedatangan Wisman ke Belitung

iklan swissbell

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Rute penerbangan baru tujuan Tanjungpandan, Belitung-Bandung oleh maskapai Wings Air diyakini akan menjadi peluang besar terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) dan pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Negeri Laskar Pelangi.

Kepala Dinas Pariwisata Belitung Hermanto pun menyambut gembira dibukanya rute penerbangan langsung maskapai Lion Air Group dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung (BDO), ke Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjungpandan (TJQ), Belitung ini.

“Tentu kita sangat gembira dan memberikan apresiasi kepada pihak Lion Air Group yang telah menyambut keinginan Pemerintah Kabupaten Belitung dalam menambah connecting domestic,” ujar Hermanto kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Dikatakan Hermanto, selama ini sebagian besar wisatawan nusantara (wisnus) yang datang ke Belitung, memang masih didominasi oleh wisatawan dari daerah Jawa Barat dan sekitarnya. Namun demikian, cukup banyak keluhan yang diterima dari wisatawan asal Jawa barat itu.

Baca Juga:  Rute Penerbangan Bandung-Belitung Dongkrak Kunjungan Wisatawan

“Mereka sangat berharap adanya penerbangan langsung ke Belitung. Sebab, menurut mereka jika masih melalui Jakarta, terlalu banyak waktu yang terbuang. Itu keluhannya,” ungkap Hermanto.

Oleh sebab itu, tentu dengan dibukanya rute penerbangan Bandung – Tanjungpandan ini, dirinya berharap kedepan arus kunjungan wisatawan ke Belitung bakal lebih meningkat, dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, adanya rute penerbangan Bandung-Tanjungpandan ini juga akan memberikan peluang besar bagi pelaku ekraf (ekonomi kreatif), maupun para UKM di Belitung. Khususnya untuk mengembangkan usaha jejaring mereka ke wilayah Bandung dan sekitarnya.

“Bandung merupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit di Indonesia. Tentu dengan adanya rute penerbangan ini akan membuka peluang untuk teman-teman UKM maupun para pelaku usaha untuk mengembangkan usaha mereka,” pungkasnya.

Baca Juga:  Orkestra Siap untuk Majukan Belitung, Dorong Kemudahan Perizinan Maskapai

Sementara itu, General Umum (GM) Swiss-Belresort Tanjung Binga Cahyanto Iman Murtiono, juga merespon positif adanya rute penerbangan baru Bandung-Belitung oleh maskapai wings Air, Lion Air Group tersebut.

Menurut pria yang akrab Toto, adanya penerbangan domestik tersebut bisa menggenjot kunjungan wisatawan nusantara ke Pulau Belitung. Terutama dari daerah Bandung khususnya dan Provinsi Jawa Barat umumnya.

“Kalau boleh jujur sih, gerbang wisman mancanegara Singapore. Kalau penerbangan ke Bandung kita masih expected (diharapkan) wisatawan lokal,” kata GM resort mewah naungan Swissbelhotel Internasional itu.

Akan tetapi, dengan dibukanya rute penerbangan Bandung ke Tanjungpandan, setidaknya kata dia bisa menambah keran baru kedatangan wisman ke Belitung. “Selama ini kan Belitung dari udara cuma bisa diakses dari Jakarta dan Pangkalpinang,” tukasya.(yud/rez)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply