Saatnya Garap Pasar MICE

by -

* Fendi Ajak Pelaku Wisata Tak Hanya Fokus di Turis Reguler
TANJUNGPANDAN-Panitia lokal kegiatan Ukrida National Conference di BW Suite Hotel Belitung, Kamis 3-4 September 2015 mengajak segenap pelaku wisata dan stake holder parwisata di Pulau Belitong untuk terus berlomba-lomba mengadakan even-even untuk mendorong tingkat kunjungan wisata ke Belitung. Bentuk kunjungan ini bisa terus dikembangkan ke arah MICE (meeting, insentive, conference and exhibition).
“ Saya kira turis atau bicara tingkat pengunjung, bukan semata-mata bicara turis murni yang hendak pergi ke Belitung hanya berwisata. Pengunjung dari peserta maupun panitia MICE dari  luar juga menjadi bagian dari turis,’’ ungkap Panitia lokal Ukrida National Conference, Fendi Haryono, B.Bus, SH, kepada Belitong Ekspres, kemarin.
Alumni Ukrida Jakarta itu mengungkapkan, apapun mereka peserta maupun panitia juga pasti akan membawa misi promosi bagi Pulau Belitong di luar. Apalagi, mereka juga banyak dari kalangan akademisi dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia.
“Kini, kita harus berani menarik pasar-pasar baru turis untuk bisa datang ke Belitung dengan berbagai cara. Syukurlah Bupati Belitung dan Beltim wellcome dengan kegiatan ini, dan bisa datang, meski Bupati Beltim Pak Basuri T Purnama berhalangan hadir,’’ ungkap pelaku wisata yang kini sedang merintis usahanya di kawasan Tanjungkelayang.
Menurut Fendi, memang hampir semua peserta dan panitia yang ikut Ukrida National Conference ini, kali pertama datang ke Belitung. Dan hampir semua mengakui keindangan alam, khususnya pantai-pantai berhias bebatuan di Belitung. Begitu juga kondisi jalan yang mulus dan hampir tak ada lobang di mana-mana juga mendapat pujian yang kita artikan potensi yang bisa dijual, “ tutur Fendi mengutip pengakuan sejumlah peserta kegiatan.
Dia mengakui, nara sumber yang hadir dalam sesi seminar Kamis (3/9), kemarin benar-benar memberikan ilmu, wawasan sekaligus pencerahan tentang perkembangan dunia pariwisata di tanah air. Meski kondisi nasional yang banyak dipaparkan oleh para nara sumber, namun banyak hal yang bisa dikaitkan dengan kondisi pariwisata Belitong. Misalnya kebijakan strategis pemerintah pusat yang bisa dijadikan target program di daerah.
Hadir sebagai nara sumber, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Prof Dr HM Ahman Sya, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI Prof Sri Adiningsih, Presdir PT Galva Oki Widjaya, Bsc Hons, dan Kepala Departemen Ekonomi Universitas Padjajaran Dr Kodrat Wibowo SE MSc. Prof Ahman Sya mewakili Menteri Pariwisata Arif Yahya yang berhalangan hadir.(ade)