Sabarudin Raih Penghargaan IKA PKn UPI Award 2020

by -
Sabarudin Raih Penghargaan IKA PKn UPI Award 2020
Kepala SMA Negeri 1 Manggar, Sabarudin saat menerima penghargaan.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Menutup tahun 2020, keluarga besar SMA Negeri 1 Manggar kembali meraih prestasi presticius. Senin (21/11/2020) Sabarudin, berhasil meraih penghargaan IKA PKN UPI Award 2020. Kepala SMA Negeri 1 Manggar ini menjadi salah satu dari sembilan orang alumni terpilih penerima penghargaan.

Ajang yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Pendidikan Kewarganegaraan (IKA Pkn) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan. Mengangkat tema “Meningkatkan kiprah alumni untuk mengaktuliasikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”, pengajuan berkas dan penjuriaan berlangsung dari bulan November 2020.

Para alumni PKn UPI baik dari jenjang S1, S2, dan S3 diminta untuk mengumpulkan berkas berupa Best Practice yang telah dilakukan selama ini. Berkas tersebut kemudian diseleksi dan dinilai oleh dewan juri hingga terpilih sembilan alumni terbaik.

Kesembilan alumni tersebut terbagi menjadi tiga kategori yaitu: 1) inovasi pembelajaran berbasis TIK, 2) karya tulis ilmiah, dan 3) alumni PKn pengabdi di masyarakat. Masing-masing kategori tersebut menempatkan tiga alumni terbaik yang berhak menerima penghargaan. Dari ketiga kategori, Sabarudin berhasil meraih penghargaan untuk kategori karya tulis ilmiah.

Penghargaan alumni berprestasi ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Bela Negara ke 72 provinsi Jawa Barat. Bertempat di Gedung New Majestic jalan braga bandung , Tepat pukul 13.00 acara yang juga disiarkan langsung melalui live streaming tersebut dibuka oleh MC dan diawali dengan doa yang dipimpin oleh Drs. H. Agus Komarudin, M.Si. Dia merupakan Kepala Bidang Ideologi dan Kebangsaan, Badan Kesbangpol Jawa Barat.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan laporan dari Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat, Dr. Drs,. H. R Iip Hidajat, M.Pd. Dalam keeterangannya Dr. Iip melaporkan bahwa peringatan Hari Bela Negara ke 72 ini diisi dengan rangkaian kegiatan yang terdiri dari lomba video kreatif dan pemberiaan penghargaan bagi alumni PKn UPI Bandung berprestasi.

Tujuan peringatan Hari Bela Negera ini menurut Dr. Iip adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila di kangan generasi muda dan masyarakat umum. Kemudian untuk meningkatkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan krativitas dan inovasi para generasi muda dan masyarakat umum dalam mengekspresiakn kecintaannya terhadap Pancasila dalam rangka bela negera.

Gubernur Jawa Barat dalam hal ini di wakili oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pemenang dan peraih penghargaan. Beiau berharap penghargaan ini dapat terus memacu prestasi para penerimanya dan masyrakat umum.

Selain itu, beliau juga berpesan agar semua masyarakatuntuk terus menguatkan Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai tali atau alat pemersatu. “Mari kita berbicara tentang pembangunan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Sebab semua itu adalah upaya untuk kita melakukan bela negara,” ujar Uu.

Tidak hanya memberikan sambutan, Uu juga menyerahkan secara langsung Piala Gubernur Jawa Barat dan sertifikat dari Kesbangpol Provinsi Jawa Barat serta uang pembinaan kepada seluruh penerima penghargaan dan pemenang lomba.

Ditemui setelah acara berlangsung, Sabarudin mengaku benar-benar terharu dan bersyukur mendapatkan pengarhargaan ini. “Saya sangat senang dan terharu sekaligus sangat bangga bisa berdiri diantara alumni-alumni hebat lainnya,” ujar Sabarudin.

Dia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesarnya untuk IKA PKn UPI yang telah mempercayakan beliau untuk menerima penghargaan ini. “Yang pasti saya sangat berterima kasih untuk IKA PKn UPI yang memberikan penghargaan ini. Penghargaan ini akan saya jadikan pendorong semangat untuk terus melakukan pengabdian dengan penuh dedikasi dan loyalitas untuk kepentingan bangsa dan negara,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Sabarudin juga mengucapkan terima kasih yang sebesarnya untuk keluarga besar SMA Negeri 1 Manggar, keluarga, rekan, serta tim kreatif atas dukungan dan kerjasama yang luar biasa.

“Pastinya penghargaan ini bukan hanya untuk saya sendiri namun untuk segala pihak yang mendukung. Keluarga besar SMA Negeri 1 Manggar, keluarga, rekan, serta tim kreatif yang benar-benar telah berjuang bersama untuk terus berprestasi. Totality is The Key To Quality,” tutup Sabarudin.

Ucapan selamat atas penghargaan yang diterima oleh Sabarudin ini juga disampaikan oleh salah satu staf SMA Negeri 1 Manggar, Hariyanto. Ia mengaku bahwa Sabarudin memang layak untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

“Bapak adalah sosok yang luar biasa. Beliau benar-benar tahu apa yang harus dilakukan untuk terus mencetak prestasi. Saya rasa beliau benar-benar layak untuk mendapatkan penghargaan ini. Saya selalu ingat kata-kata beliau yang mengatakan bahwa orang hebat adalah orang yang sudah memulai saat orang lain baru memikirkan. Dan beliau benar-benar melakukan itu,” tukasnya. (rel)