Sah, KPU Beltim Tetapkan Berakar Sebagai Paslon Pemenang Pilkada 2020

by -
Sah, KPU Beltim Tetapkan Berakar Sebagai Paslon Pemenang Pilkada 2020
Penyerahan berkas penetapan paslon terpilih oleh KPU Beltim, Sabtu (23/1)

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Beltim nomor urut 01, Burhanudin – Khairil Anwar (Berakar), resmi ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Serentak 2020.

Penetapan dilakukan oleh KPU Beltim dalam rapat pleno terbuka penetapan Pasangan Calon terpilih, Sabtu (1/23) di Gedung Auditorium Zahari MZ.

Hal itu juga menandai selesainya seluruh rangkaian tahapan Pilkada Serentak yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. Penetapan juga sempat terkendala registrasi Mahkamah Konstitusi yang akhirnya diterima pada 20 Januari 2020.

“KPU Beltim baru saja menetapkan paslon terpilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim tahun 2020. Kami atas nama KPU Beltim mengucapkan selamat dan sukses kepada paslon yang terpilih karena tentunya ini sudah selesai semua. Pantas dan layaklah kami menyampaikan hal tersebut,” ungkap Ketua KPU Beltim, Rizal seusai rapat pleno.

Rizal memastikan, hasil rapat pleno terbuka penetapan pemenang Pilkada serentak 2020 akan dilanjutkan dengan penyerahan berkas dokumen pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih kepada Gubernur.

“Kedepan kami akan langsung tindak lanjuti penetapan ini dengan menyerahkan berkas dokumen untuk syarat pengesahan dan pelantikan oleh Gubernur nanti terkait calon terpilih,” kata Rizal.

Menurutnya, berkas dokumen yang disiapkan terlebih dahulu akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Beltim. Hal ini untuk memastikan pelantikan dapat berjalan dengan baik.

“Kami sudah mendapat tembusan surat dari Gubernur bahwa Pemda intinya berkoordinasi dengan KPU dan kami sudah siap menyiapkan dokumen pelantikan pada waktunya,” sebut Rizal.

Sementara itu, Bupati terpilih yang juga masih menjabat sebagai Wakil Bupati Beltim Burhanudin menyatakan, syukur atas penetapan dirinya sebagai Bupati bersama Wakil Bupati Terpilih Khairil Anwar yang artinya sah secara hukum.

“Tetapi kemenangan Burhanudin – Khairil bukanlah kemenangan kami pribadi. Tetapi sekali lagi ini kememangan rakyat Beltim yang telah memberikan amanah kepada kami dari pasangan Berakar untuk bisa mengemban amanah pada pelaksanaan pemerintahan di 2021 sampai kedepan,” ucapnya.

Meski demikian, Burhanudin tetap mengajak semua pihak saling bersinergi dalam membangun Kabupaten Beltim. Ia mengharapkan peran serta partisipasi masyarakat untuk mengawal proses pembangunan di daerah agar berjalan dengan baik.

“Kami juga bukan manusia yang hebat, bukan manusia yang super, tentunya membutuhkan dukungan dari semua pihak,” kata Burhanudin yang karib disapa Aman.

Aan juga menghimbau seluruh pihak yang bersebrangan pada pemilihan Kepala Daerah untuk menuntaskan urusan politik. Ia tidak menginginkan ada firnah, isu negatif yang justru membuat keretakan persatuan dan kesatuan masyarakat Beltim.

“Mari kita bersatu membangun Beltim, 200 ribu lebih orang di Beltim ini membutuhkan perubahan. Baik dalam tatanan pelayanan publik, pelayanan pembangunan infrastruktur serta bagaimana lapangan pekerjaan dan ekonomi yang harus kita benahi bersama. Kalau kita disibukkan dengan urusan politik, isu, fitnah dan bertikai setiap hari maka tidak akan pernah tuntas untuk mengurusi pembangunan,” tukasnya.

Rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih juga dihadiri KPU Provinsi yang diwakili Komisioner Muniarti, ST, Ketua KPU Beltim Rizal, ST, Komisioner KPU Beltim, Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, Pengadilan Negeri Tanjungpandan Imam Mualimin, Kepala Kejaksaan Negeri Beltim Abdur Kadir.

Hadir pula Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja, Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Beltim Sayono, Komisioner Bawaslu Beltim Haris Alamsyah, Danramil 414-02 Manggar Mayor Inf Joko Lelono yang mewakili Dandim 0414 Belitung, Kasat Pol PP Beltim Lukman Hakim, Pabung TNI AU dan AL dan perwakilan partai politik. (msi)