Salah Hitung, PBB 2015 Alami Kenaikan 100 Persen

by -

KOBA – Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Me Hoa meminta Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) untuk segera memperbaiki kesalahan penghitungan nilai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada 2015 yang mengalami kenaikan hingga 100 persen.
“Ini laporan masyarakat, mereka ngadu ke saya karena kenaikan 100 persen ini jelas memberatkan masyarakat di tengah perekonomian sedang menurun,” ujarnya kepada Radar Bangka, Selasa (11/8) kemarin.
Kesalahan penghitungan, kata Me Hoa, berdasarkan keterangan kepala dinas bersangkutan karena salah hitung penetapan perorangan/pribadi yang diberlakukan sama seperti wajib pajak perusahaan.
“Saya sudah ketemu dengan Kepala DPPAKD, penetapan harga PBB ini berdasarkan NJOP tanah sudah selaras dengan PMK dan ada Perbup, cuma hitungannya disamakan dengan perusahaan sehingga terjadi kenaikan 100 persen,” kata Me Hoa.
Dalam kesempatan itu juga, Me Hoa mendesak, agar DPPKAD Bateng dapat melakukan perbaikan dengan menyesuaikan nilai PBB yang seharusnya dibayar oleh masyarakat. “Kita minta nilai ini diturunkan. Jangan buat rakyat menjerit dengan kebijakan yang tidak pro rakyat,” tukasnya.(and)