Sambut HJKT ke 181, DLH Terus Berhias Wajah Kota

Petugas Kebersihan DLH Kabupaten Belitung sedang membersihkan sampah yang ada di sungai Siburik, Kamis (13/6).

Petugas Kebersihan DLH Kabupaten Belitung sedang membersihkan sampah yang ada di sungai Siburik, Kamis (13/6).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dalam Rangka menyambut Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke 181, yang jatuh pada tanggal 1 Juli mendatang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung terus berhias wajah kota.

RajaBackLink.com

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Edi Usdianto mengatakan, pihaknya dengan Satgas Lebah dan petugas kebersihan terus melakukan pembersihan di beberapa sudut kota Tanjungpandan.

“Kita menyapu dan mengeruk lumpur selokan di sepanjang Jalan Melati Kelurahan Kampung Parit, Kecamatan Tanjungpandan. Termasuk sampah yang ada sungai Siburik dan kemarin di Jalan Endek, dan Jalan Siburik,” katanya kepada Belitong Ekspres, Kamis (13/6).

Pria yang disapa Edu ini mengatakan, pihaknya terus membersihkan setiap titik yang dilihat sudah mulai kumuh, walaupun bukan tupoksi dan tugas mereka.

Baca Juga:  Lanud ASH Gelar Donor Darah dan Bersih-Bersih Kawasan Wisata

“Sebenarnya itu semacam trotoar, selokan, drenase selokan, taman sepanjang jalan, tapi karena kite menyambut HJKT ne, kite bersehkan semua,” ujar Edu.

Penanganan persampahan di tengah lingkungan dan perkotaan khususnya Kota Tanjungpandan, dilakukan dengan gerakan tanggap bersih dari sampah. Untuk pembersihan selokan oleh Satgas Lebah dan petugas Kebersihan DLH lalu dipusatkan dengan membuat zona penanganan yang rutin dan terjadwal.

“Di tempat lain Satgas Lebah dan Kebersihan DLH juga melakukan penanaman pohon hias dan penghijauan di jalan Sriwijaya, tepatnya di bekas penempatan gerobak sampah di depan Galery UMKM,” terangnya.

Selain itu, hari ini (kemarin) pihaknya juga mempercantik beberapa titik, yang sebelumnya merupakan tempat parkir gerobak sampah milik DLH Kabupaten Kabupaten Belitung.
“Kita juga melakukan penanaman pohon hias di bekas lokasi penempatan gerobak sampah di jalan

Baca Juga:  30 Relawan PMI Galang Dana Untuk Korban Banjir di Sentani

Sudirman. Sedangkan gerobak sampah yang kita tempatkan, sudah kita tarik ke kantor dikarenakan lokasi itu tidak sesuai untuk penempatan sampah sementara,” terang Edu.

Oleh karena itu, Edu menyampaikan pesan untuk masyarakat terkait permasalahan sampah, agar lebih peduli terhadap sampah. Pesan itu juga disampaikan kepada pemilik toko atau pun OPD yang berwenang, terkait tupoksi rumput yang tumbuh di taman atau selokan di sekitar kota Tanjungpandan.

“Ini agar lebih bersinergi dengan petugas kami di lapangan. Usahakan dalam membuang sampah di tempatnya yang sudah kami sediakan. Karena ini semua demi kenyamanan dan mewujudkan Belitung ini Lebih BERSERI,” tukasnya.

Kepada Camat, Kades, Lurah sampai ke tingkat RT yang ada di kabupaten Belitung, dia juga mengajak dan menghimbau untuk melakukan pembersihan lingkungan masing-masing.

“Mulai dari halaman rumah dan depan rumah masing-masing, yuk kite peduli lingkungan kite ini. Jadikan Kota Tanjungpandan, agar lebih bersih dab rapi,” ajaknya. (dod)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply