Sambut Kedatangan Menparekraf, Wabup Lihat Kesiapan Pokdarwis Galang Kubu

by -
Sambut Kedatangan Menparekraf, Wabup Lihat Kesiapan Pokdarwis Galang Kubu
Wabup Belitung bersama Pokdarwis Galang Kubu melihat Dermaga Kenangan Kampung Bugis Batu Itam, Rabu (3/2) kemarin.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Wakil Bupati (Wabup) Belitung Isyak Meirobie turun langsung melihat kesiapan Pokdarwis Galang Kubu dalam rangka penyambutan kedatangan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreaktif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno.

Bertempat di Sekretariat Pokdarwis Galang kubu sebelah Jeramba Kubu Desa Batu Itam Kecamatan Sijuk, Wabup Belitung memberikan motivasi sekaligus pengarahan terkait menyambut kedatangan rombongan Menparekraf ke Pulau Belitung pada tanggal 5-7 Februari 2021.

“Kita perlu persiapan karena Desa Batu Itam Sijuk ini, merupakan salah satu tempat yang akan dikunjungi Pak Sandiaga Uno. Batu Itam sangat cocok menjadi Desa Ekonomi Kreatif yang pertama di Kabupaten Belitung dan mudah-mudahan pertama di Provinsi Bangka Belitung,” kata Isyak kepada Belitong Ekspres.

Menurut Isyak, hal itu bisa terlaksana karena masyarakat di Desa Batu Itam dinilai sudah sadar dan orientasi usahanya banyak berkecimpung di ekonomi kreatif. Misalnya Galangan Kapal, Batik Sepiak, Bica, Hatta Kabong dan lain-lain.

“Ini sangat cocok menjadi klaster Desa Ekonomi Kreatif di Belitung. Dan ini bisa menjadi magnet bagi desa lain untuk bisa mengembangkan potensi di daerah masing-masing,” ujar Wabup Belitung.

Isyak menyebutkan, rencananya Menparekraf RI Sandiaga Uno akan datang pada hari Jumat (5/2) dan bakal mengunjungi Desa Batu Itam Kecamatan Sijuk sekira pukul 10:00 WIB.

“Beliau akan mengunjungi Galangan Kapal, Sepiak, Bica dan tempat lainnya. Mudah-mudahan pak Menteri datang jadi momentum awal untuk menjadikan Batu Itam sebagai Desa Ekonomi Kreatif tadi,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Batu Itam Mulkan mengatakan, secara potensi Desa Batu Itam sangat mendukung menjadi Desa Ekonomi Kreatif dengan adanya Galangan Kapal, Sepiak, Durio, Bica dan lainnya.

Menurut Mulkan, persiapan mereka dalam menyambut Menparekraf itu yakni melakukan pembersihan di sekitar lokasi itu. “Insyaallah akan kita rapatkan barisan, semua RT, Kadus besok akan kita kerja bakti, walaupun tidak terlalu kotor kondisinya. Intinya kita menyambut baik,” kata Mulkan. (dod)