Sampah Eks Pawai di Beltim Capai 18 Kubik

by -1 views

MANGGAR – Pelaksanaan Pawai Pembangunan HUT RI ke 73 di Kabupaten Belitung Timur (Beltim membawa begitu banyak keceriaan dan antisiasme masyarakat. Tidak hanya itu saja, pawai juga ternyata menimbulkan sampah yang berserakan di sepanjang jalan yang dilalui.

Selama dua hari pelaksanaan total sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak kurang lebih 18 kubik sampah. Namun tak lebih dari 3 jam, dengan kerja keras‘pasukan kuning’, sampah-sampah itu langsung lenyap.

Kepala Bidang Persampahan dan Peningkatan Kualitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Wahyudin mengungkapkan titik penumpukan sampah paling banyak berada di Taman Segitiga Manggar, lapangan Taruna Desa Lalang dan Lapangan Yagor Desa Kurnia Jaya. Sampah didominasi oleh sampah kertas dan plastik bekas air minum dan makanan.

“Pawai hari Sabtu totalnya ada 6 kubik, yang paling banyak hari Minggu 12 kubik, terutama di dekat panggung kehormatan. Sampah plastiknya ada sekitar 4 kubik, yang lain kardus minuman atau makanan,” ungkap Wahyudin, Senin (27/8) kemarin.

Pria yang akrab dipanggil Mandor itu menyatakan sebelumnya sudah menyiapkan total 67 orang stafnya atau ‘pasukan kuning’ untuk membersihkan sampah pawai. Selain itu, 4 mobil sampah juga turut disiagakan untuk membantu pengangkutan.

“Alhamdulillah pas hari Sabtu kemarin jam 6 sudah selesai. Yang hari Minggu jam setengah 9 malam baru kelar. Kebetulan saya juga turun langsung memberi semangat kawan-kawan,” kata Mandor.

Meski begitu Mandor mengakui jika jumlah sampah yang berserakan di jalanan tahun ini mengalami penurunan. Hal itu disebutnya karena sudah banyak masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya kebersihan.

“Kebetulan kita juga sudah menyiapkan kantong-kantong sampah. Meski masih ada juga oknum masyarakat yang malas untuk membuang, namun tahun ini kita melihat jumlahnya sudah lebih menurun,” ujarnya. (*/msi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *