Sanem akan Belajar ke Vietnam

by -

“Studi Banding Peningkatan Produktivitas Tanaman Lada

TANJUNGPANDAN- Untuk meningkatkan produktivitas tanaman Lada, Bupati Belitung Sahani Saleh berencana akan mengadakan studi banding ke Vietnam. Rencana studi banding ini dijadwalkan pada tanggal 22 Februari 2015 mendatang.

“Tujuan kita (Bupati, red) Vietnam yaitu untuk belajar bagaimana cara peningkatan kuantitas produksi Lada di Belitung ini,” kata pria yang akrab disapa Sanem di Kantor DPRD, usai menggelar rapat Banmus terkait pembahasan Raperda 2015, Jumat (30/1) kemarin.

Sanem mengungkapkan, kualitas lada di Belitung terkenal di mata internasional sebagai Lada terbaik dengan peringkat nomor wahid. Namun, dari segi peningkatan jumlah produksinya, masih jauh dibandingkan dengan negara lainnya.

“Belitung ini, rata-rata sekali panen perbatang hanya bisa mencapai 2 kilogram. Sedangkan, di Negara Vietnam bisa mencapai 8-9 kilogram perbatang dalam sekali panen,” katanya.

Menurut  Sanem, studi banding tersebut tidak menggunakan sumber alokasi anggaran pemerintah daerah (APBD). Namun, itu merupakan fasilitas yang diberikan oleh Asosiasi Eksportir Lada Indonesia.

“Jadi ,itu kita mau lihat cara mereka bisa mengolah. Sebab, dulu mereka (Vietnam-red) pernah belajar sama kita (Indonesia-red),” sebutnya.

Selain itu, kata Sanem, Belitung tidak perlu harus melakukan persaingan produksi lada dengan negara lain. Tetapi, paling tidak teknologi dan cara mereka mengolah tanaman lada harus dipelajar agar produktivitas lada di Belitung ada peningkatan.

“Kita berharap, kalau petani kita sekarang ini hanya bisa memproduksi 2 kilogram saja. Bagaimana ke depannya produksi lada di Belitung ini bisa mencapai 5-6 kilogram perbatang dalam sekali panen,” pungkasnya. (mg2)