Sanem: Bukti Bahwa Pulau Belitong “Rahmatan Lil Alamin”

by -
Sanem: Bukti Bahwa Pulau Belitong "Rahmatan Lil Alamin"
Bupati Belitung H. Sahani Saleh.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung H. Sahani Saleh bersyukur Geopark Belitong telah resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) pada Sidang ke 211 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Kamis, 15 April 2021.

“Kita mensyukuri perjuangan dari kawan-kawan selama ini. Hal ini membuktikan bahwa Pulau Belitong merupakan “Rahmatan Lil Alamin”, jadi kekayaan alam itu hampir lengkap berada di Belitung, seperti pengakuan dunia saat ini,” kata Bupati Belitung kepada Belitong Ekspres, Senin (19/4).

Dikatakan Bupati yang karib disapa Sanem, tujuan meraih UGG ini yakni taman kekayaan alam dunia ini nanti dimanfaatkan secara proposional untuk membangun masyarakat di daerah itu sendiri.

“Selama ini potensi sumber daya alam kita, tidak dikelolah secara proposional. Nah dapat pengakuan UGG ini untuk menyadarkan kita sendiri bahwa secara potensi taman kekayaan alam yang ada ini itu bisa dimanfaatkan secara proposional artinya terukur, teruji dan berkelanjutan,” ucapnya.

Sehingga lanjut Sanem, berkaitan dengan geosite-geosite dijadikan objek wisata, karena memberikan kontribusi. Baik untuk perekonomian masyarakat, pengelolaannya masyarakat dan basicnya juga dari masyarakat.

Kemudian, pada Kamis ( 22/4) mendatang akan digelar acara penyambutan Digital Belitong Unesco Global Geopark, bertempat di Ruang Sidang Pemkab Belitung. “Tanggal 22 ini nanti acara ceremonialnya secara webinar,” tandas Sanem. (dod)