Sanem Didaulat jadi Tokoh Sepakbola Rakyat

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Sejak Jadi Camat Sidah Jalankan Kompetisi

TANJUNGPANDAN-Badan Sepakbola Rakyat Indonesia (BASRI) mendaulat Bupati Belitung Sahani Saleh S.Sos sebagai Tokoh Sepakbola Rakyat. Pendaulatan ini dilakukan dalam sebuah momen saat sejumlah pengurus BASRI bertemu Bupati Belitung, Selasa (16/6), kemarin.
Ketua BASRI Eddy Sofyan kepada Belitong Ekspres mengatakan, BASRI dalam mendaulat Bupati Sahani Saleh tidak serta merta mengangkat begitu saja. Sebab, apa yang dilakukan Bupati yang akrab disapa Sanem itu sudah dijalankan selama sebelum menjadi Bupati maupun wakil bupati.
“Kita sudah melihat sepak terjangnyabeliau sejak jauh hari. Beliau sebelum jadi bupati sudah konsisten  aktif memajukan perspakbolaan di desa-desa. Sejak jadi camat sudah menggelar kompetisi Begalor Cup. Kemudian jadi wakil bupati nambah lagi kompetisi di kecamatan lain. Lantas ketika jadi Bupati kompetisi tetap berjalan dengan sistem yang benar-benar menggunakan format sepakbola rakyat,’’ papar Eddy kepada BE, tadi malam.
Menurut Eddy, dirinya sudah melakukan evaluasi di berbagai tempat seperti di Papua, Sumatera dan Sulawesi dan sejumlah tempat lain. “Saya melihat Pak Bupati Sanem ini sudah melaksananakn. Saya berani menjamin 90 persen dari program ini (sepakbola rakyat,Red) sudah dilaksanakan. Di daerah lain begitu tokoh itu pindah, maka kompetisi itu menurun dan bahkan menghilang. Nah di Belitung ini tidak , malah tetap berjalan. Dan yang lebih bagusnya mengunakan kompetisi dengan standar nasional,’’ jelasnya.
Dalam gambaran seperti ini, Eddy menilai sebagai sebuah kondisi yang langka. “Karena memang beda, maka kami mengangkat Beliau (Sanem,Red) agar bisa dijadikan contoh kepala daerah lain di sleuruh inondeisa,’’ ucapnya.
Dengan apa yang dilakukan Sanem, kepala daerah lain bisa melihat apa yang terjadi sebenarnya. Dan jika berjiwa besar bisa mencontoh untuk membina sepakbola di desa-desa.
“Sepakbola rakayat itu tak hanya membina sepakbola, tapi juga ada aspek pembinaan generasi muda yang sekarang mudah terpengariuh narkoba dan obat terlarang. Cukup direpotkan dengan masukknya obat terlarang geng motor dan sebagainya. Melaluai sepakbola rakyat ini mereka bisa berkegiatan positif. Disalurkan melalui jarlur olahraga sehat jasmani dan rohami.
“Saya ingin dan bercita-cita pada saatnya nanti Belitung akan bisa tampil di Senayan,’’ harapnya.
Ditambahkan, kompetisi seperti Begalor Cup ini digulirkan dengan tetap menganut sistem yang bagus sesuai auran PSSI. Baik dari sisi aturan kompetisi maupun dari wasit. Yang pasti, Belitung tetap berpotensi mengangkat sepakbola Belitung ke level lebih tinggi. “Ini jadi tanggung jawab berbagai pihak untuk sama-sama mengangkat sepakbola. Salah satunya dengan menggelar sebuah kompetisi.
Eddy berharap dengan adanya Rakornas BASRI di Belitung Timur, diharapakan proses pembelian dengan sistem kredit bisa dilaksanakan dengan baik. Jangan samai konsumen dirugkan karena alasan kapal berangkat dan sejenisnya.(mg/agu)

author

Author: