Sanem Jalan Kaki Tinjau Daerah Rawan Banjir

by -
Sanem Jalan Kaki Tinjau Daerah Rawan Banjir
Bupati Belitung, Sahani Saleh, bersama-sama dengan dinas terkait mengunjungi kawasan rawan banjir di Belitung

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Antisipasi banjir memasuki angin barat yang diiringi hujan lebat serta gelombang naik, Bupati Belitung Sahani Saleh meninjau keadaan aliran sungai di Kampung Amau, Kelurahan Parit, Tanjungpandan, Senin (2/12/2019).

Peninjauan bupati ke Kampung Amau ini berkaitan dengan seringnya Kampung Amau mengalami kebanjiran, apalagi saat ini Belitung sudah memasuki musim penghujan dan memasuki musim angin barat.

Pada tintauannya tersebut, pria yang akrab disapa Sanem ini berjalan menyusuri jalan bantaran sungai dari Amau Madura hingga Sungai Siburik. Ia melihat langsung keadaan sungai serta mendengar keluhan masyarakat yang dilewatinya.

Dari keadaan yang terlihat, di beberapa titik di tepi sungai ada tumpukan sampah yang berserakan. Bahkan, saat Sanem ke Jalan Suryo, ia melihat langsung banyaknya tumpukan sampah di aliran sungai yang tersangkut di pipa PDAM.

Dikatakan Sanem, selama ini pemerintah sudah melakukan program Kotaku (program Kota Tanpa Kumuh) di daerah Amau tersebut yang dananya berasal dari pemerintah pusat untuk perbaikan aliran sungai, jalan setapak, gorong-gorong dan lain-lian.

“Nah daerah ini sudah kategori tidak lagi kumuh, kita berharap dari peninjauan ini jangan sampai terulang lagi banjir kalau efeknya dari pembuangan sampah,” kata Sanem.

Pemerintah Kabupaten Belitung sendiri sudah menyiapkan bak sampah dan kendaraan pengangkutnya. Dengan adanya bak sampah itu, Sanem mengharapkan masyarakat setempat dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga banjir tidak terjadi karena faktor sampah yang dapat menghambat aliran sungai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *