Sanem Minta Fokus SDM, Jangan Fisik

by -

* Dalam Musrenbang Kabupaten Belitung

foto kanan 1

TANJUNGPANDAN-Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) membuka secara resmi musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat Kabupaten Belitung tahun 2016 di ruang rapat Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Belitung, Kamis (12/3) kemarin.

Pada musrenbang ini Sanem menegaskan bahwa pada tahun 2016 SKPD tidak lagi banyak mengusulkan pembangunan fisik. Tapi, lebih fokus kepada pembangunan sumber daya manusia (SDM).
Menurut Bupati, selama ini pola hidup masyarakat Belitung ingin instan. Tapi pola hidup seperti itu tidak bisa diharapkan karena pertambangan sudah hampir habis. “Selama ini SKPD hanya memikirkan fisik, maka sekarang perlu dalam hal meningkatkan SDM ini, untuk yang riil-lah,” ujarnya.

Contoh kegiatan yang dilaksanakan tapi tidak bermanfaat. Di antaranya pelatihan tukang, setelah selesai pelatihan cuma dapat uang dan mendapat bantuan modal. Bantuan modal tersebut tidak digunakan untuk usaha.
Ia meminta kepada setiap SKPD mengusulkan rencana kerja yang tidak melenceng dari visi misinya bersama Wakil Bupati Erwandi A Rani. “Mengacu kepada program pembangunan kita bahwa untuk lima tahun ke depan tetap mengacu kepada visi dan misi. Pada pembangunan 2016 ini kami mengingatkan kembali jangan sampai keluar dari visi misi,” tegas Sanem.

Selain itu Sanem juga menyampaikan banyak persoalan sosial di Belitung. Misalnya pencurian, mabuk-mabukan, menghisap aibon, dan masalah sosial lainnya. Hal itu harus menjadi fokus SKPD bagaimana supaya anak bangsa tidak berbuat demikian.

“Susah Satpol PP tiap hari nangkap orang begitu (mabuk dan ngaibon,Red). Ini sudah nambah 50 orang (personil Satpol PP), makin nambah anggaran pemerintah,” jelasnya.
Pada musrebang tersebut hadir pula Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani, Kepala Bappeda Provinsi Bangka Belitung Yan Magawandi, serta pada kepala dinas, camat, kepala desa dan lurah serta tokoh masyarakat. (ade)