Sanem Minta Jemaah Khusyu’ Beribadah

by -1 views
Bupati Belitung Sahani Saleh mengalungkan slayer atau tanda pengenal jemaah haji Kabupaten Belitung kepada salah seorang jemaah haji secara simbolis.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Sahani Saleh melepas keberangkatan jemaah calon haji (calhaj) Kabupaten Belitung. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Sidang Pemerintah Kabupaten Belitung, Kamis (11/07) kemarin.

“Dengan mengucap bismillahhirohmannirahim jemaah haji Kabupaten Balitung Tahun 1440 Hijriah atau 2019 Masehi dengan ini saya lepaskan keberangkatannya,” kata Bupati dalam sambutannya.

Bupati yang akrab disapa Sanem ini berharap agar jemaah haji Kabupaten Belitung pergi dan kembali dengan selamat ke Belitung, serta meraih haji yangn mabrur. “Kita berharap semuanya selamat di perjalanan dan sampai ke Belitung dan insyallah kembalinya sebagai haji yang mabrur,” harapnya.

Sanem juga berharap kepada jemaah agar selama menjalankan ibadah di tanah suci bisa khusyu’ beribadah, sehat walalfiat. “Yang terpenting sehat, agar jemaah khusyu’ menjalankan ibadah nantinya di sana, dan terkhusus untuk pemandu atau pendamping yang kita kirimkan juga dapat menjalakan tugasnya dengan baik dan ibadah haji dengan khusyuk juga,” harapnya lagi.

“Syukurilah anugrah kesempatan yang telah diberikan dengan benar-benar memanfaatkan momentum ini untuk melaksanakan Rukun Islam yang ke lima, sesuai dengan bimbingan manasik haji yang telah diikuti sebelumnya,” tandas Sanem.

Jumlah jemaah Haji Kabupaten Belitung untuk pemberangkatan tahun 1440 H/2019 M sebanyak 120 orang. Terdiri dari 119 orang dari lima kecamatan, dan 1 orang petugas tim pemandu haji daerah (TPHD). Adapun 92 orang dari Kecamatan Tanjungpandan, 9 orang Kecamatan Sijuk, 16 orang Kecamatan Selat Nasik, 1 orang Kecamatan Membalong, dan 2 orang Kecamatan Badau.

Sebanyak 120 orang jamaah calon haji tersebut akan diberangkatkan pada Sabtu (13/07) menuju Palembang dan masuk asrama haji embarkasi Palembang. Sedangkan untuk jadwal pemulangan jemaah haji Kabupaten Belitung dari Jeddah pada tanggal 23 Agustus 2019, dan tiba di Indonesia 24 Agustus 2019.

Kepala Staf urusan Haji Kabupaten Belitung Novarianto berharap jemaah haji Kabupaten Belitung setelah tiba di tanah suci nanti agar dapat mendoakan saudara-saudara jemaah haji di tanah air Indonesia.

“Kami juga mengharapkan doa dari lapisan masyarakat semoga jemaah haji diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT selama menunaikan ibadah Haji di tanah suci nantinya, dan kembali dapat menjadi haji yang mabrur,” tuturnya.

Semantara Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Belitung, Suyanto meminta jemaah lebih mempersiapakan lagi mental spiritual untuk tetap mempelajari ilmu manasik haji yang telah diberikan.

“Pelajari lagi rukun-rukun hajinya, larangan-larangan yang tidak dibolehkan di sana nantinya. Dan, alhamdulillah semua jemaah haji kita dalam keadaan sehat dan sudah mendapatkan kartu kesehatan jama’ah haji, yang tadi sudah kita bagikan,” katanya. (dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *