Sanem Tinjau Kesiapan Protokol Kesehatan Pantai Tanjung Kelayang

by -
Sanem Tinjau Kesiapan Protokol Kesehatan Pantai Tanjung Kelayang
Bupati Belitung dan jajarannya saat meninjau destinasi wisata Pantai Tanjung Kelayang.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, terjun langsung melakukan peninjauan kesiapan penerapan protokol kesehatan di kawasan wisata menjelang new normal. Salah satunya yang ditinjau adalah kawasan Wisata Pantai Tanjung Kelayang, Selasa (23/6).

Bupati Belitung dan jajarannya meninjau fasilitas wisata di kawasan Pendopo Pantai Tanjung Kelayang. Di antaranya, sarana cuci tangan, pelayanan loket penyewaan fasilitas di kawasan wisata dan fasilitas pendukung lainnya.

Peninjauan dalam rangka menyongsong persiapan pelaksanaan “new nomal” di Kabupaten Belitung, khususnya bidang pariwisata. Pada kesempatan itu, Bupati menilai kesiapan menyambut “new normal” sudah mulai berjalan dan terus disempurnakan.

“Mulai 1 Juli mendatang kita akan resmi melaunching 10 bidang Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman di Kabupaten Belitung,” kata Bupati Belitung yang karib disapa Sanem kepada Belitong Ekspres usai peninjauan objek wisata Pantai Kelayang.

Sanem berharap agar semua bisa bersiap dan mulai menerapkan aturan dan pedoman ini sesuai bidang masing-masing, seperti di kawasan wisata, termasuk hotel dan restoran. Dia juga mengingatkan masyarakat agar patuh dan menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Di antaranya anjuran untuk wajib menggunakan masker, cuci tangan dan tetap jaga jarak saat berkunjung ke tempat wisata. “Aturan-aturan ini wajib kita patuhi dan sosialisasikan secara terus menerus kepada masyarakat. Karena untuk keberhasilan penerapan “new normal” tentunya semua pihak harus terlibat dan bekerjasama. Kita harus disiplin dan saling mengingatkan untuk kepentingan bersama,” paparnya.

Maka dari itu, Sanem menghimbau kepada Camat atau Lurah agar terus berbenah menyongsong penerapan “new normal”, khususnya menjelang pelaksanaan launhcing. “Saya minta agar nantinya bisa diadakan kegiatan gotong royong atau kerja bakti dengan mengerahkan masyarakat setempat,” pintanya.

“Begitu juga, kepada para pedagang atau pemilik rumah makan yang ada dikawasan wisata agar bisa mengikuti protokol kesehatan. Karena masih ada beberapa yang masih belum sesuai standar protokol kesehatan. Kepada Camat/Lurah, ini tolong diingatkan kembali,” imbuhnya.

Rencananya dalam beberapa waktu ke depan, Bupati dan jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung akan terus melakukan peninjauan dan pengawasan ke beberapa tempat wisata, serta mulai melakukan sosialisasi kepada para pelaku pariwisata dan akan terus berlanjut ke beberapa sektor lainnya.

Khususnya terkait 10 bidang tatanan normal baru produktif dan aman dalam masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Belitung sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 23 Tahun 2020. (dod)

Editor: Yudiansyah