Saran Lima Poin Tangkal inflasi

by -

TANJUNGPANDAN – Fraksi NasDem memberikan saran langkah-langkah efektif menghadapi inflasi di Belitung. Setidaknya ada lima poin yang disampaikan pada sidang paripurna di gedung DPRD Belitung, Senin (7/9) kemarin.

Poin pertama,  agar program swasembada pangan di beberapa lokasi sawah dilaksanakan dengan bekerjasama dengan TNI di Aik Serkuk dan Desa Perpat. Konsirensi bibit yang unggul, supply pupuk, dan irigasi yang berkesinambungan dengan keseriusan Dinas Koperindag memastikan hasil panen akan dapat dipasarkan dengan harga jual terjangkau kepada masyarakat Belitung. Maka akan menekan komsumsi beras yang dikirim dari luar Belitung.

Poin kedua, agar dikoordinasikan dengan para peternak ayam petelur dan pedaging untuk menciptakan kestabilan harga dengan memberikan solusi transportasi pengiriman anak ayam dan juga pakan ternak yang bersubsidi.
Lantas poin ke tiga, agar para Kades dan Lurah dapat menciptakan program kebun sekitar rumah dengan tanaman sayur dan bumbu dapur termasuk cabe.  Poin keempat agar menata pola dan sistem angkutan dan sistem angkutan antara pelabuhan Tanjung Batu dengan pergudangan kebutuhan bahan pokok dengan prioritas tinggi.

Terakhir pon ke lima yaitu, agar Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) harus mengumpulkan para pelaku usaha kebutuhan pokok secara rutin agar kertelisasi yang diindikasi dilakukan pengusaha dapat diatasi.

Lima poin tersebut telah disampaikan oleh Sekretaris fraksi NasDem I Bagus Diarsah saat melakukan pemandangan umum atas penyampaian Raperda Kabupaten Belitung tentang perubahan APBD tahun 2015 beserta nota keuangan rencana perubahan APBD tahun 2015. Dan Raperda tentang penyertaan modal pada Badan Usahan Pelabuhan (BUP). (ade)