Satlantas Keluarkan 320 Tilang dan 93 Teguran

by -

*Selama 14 Hari Operasi Patuh Menumbing 2016

foto A...
Kegiatan Operasi Patuh Menumbing 2016 yang digelar oleh Satlantas Polres Beltim, belum lama ini.

MANGGAR – Sebanyak 320 surat tilang dan 93 teguran baik sepeda motor dan roda empat yang dikeluarkan oleh Satuan Lalu Lintas (Sanlantas) Polres Belitung Timur (Beltim) selama 14 hari Operasi Patuh Menumbing 2016. Operasi Patuh Menumbing mulai digelar sejak tanggal 16 dan berakhir 29 Mei lalu.

Kapolres Beltim, AKBP. Nono Wardoyo, S.ik melalui Kasat Lantas Polres Beltim, AKP. Khoirudin kepada Belitong Ekspres mengatakan di hari terakhir Operasi Patuh digelar terdapat 1 kejadian laka lantas, yang menewaskan 3 orang sekaligus dengan luka berat 1 orang dan kerugian materi kurang lebih Rp. 6 juta.

“Untuk pelanggaran didominasi kendaraan roda dua yang paling banyak ditemukan adalah alat kelengkapan kendaraan, seperti tidak menggunakan helm, tidak ada spion serta tidak bisa menunjukan surat surat (SIM/STNK). Sedangkan untuk kendaraan umum rata rata bobot muatan yang berlebihan,” ungkap, AKP. Khoirudin, Minggu (29/5) kemarin.

AKP. Khoirudin menambahkan, Operasi Patuh Menumbing 2016 yang dimulai sejak senin (16/5) dan berakhir Minggu (29/5) kemarin, diutamakan dan diharapkan bisa meningkatkan kepatuhan serta disiplin berkendara bagi para pengguna jalan.

“Diharapkan kepada masyarakat pengguna jalan dalam berlalu lintas walau Operasi Patuh ini telah berakhir namun tetap selalu untuk mentaati peraturan lalulintas dan tertib berlalu lintas. Satuan lalulintas Polres Beltim akan melakukan penegakan hukum apabila ditemukan para pelanggar lalulintas nantinya,” ujar Kasat lantas Polres Beltim.

Hal tersebut, lanjutnya, dilakukan terus menerus dalam rangka menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran berlalu lintas menuju Indonesia tertib bersatu, dan Keselamatan nomor satu.

Terkait efektivitas operasi, menurut Kasat lantas, perlu diikuti dengan pemberian sanksi yang tegas dan tujuannya adalah untuk memberikan efek jera kepada para pelanggar. (feb)