Satlinmas Bagian dari Sistem Pertahanan Negara Terendah

by -
Satlinmas Bagian dari Sistem Pertahanan Negara Terendah
Bupati Beltim Burhanudin saat memberikan arahan kepada anggota Satlinmas.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Kehadiran Satlinmas di tingkat Desa merupakan bagian dari sistem pertahanan negara terendah. Karenanya, masyarakat jangan menganggap Satlinmas sebagai satuan yang tidak dipedulikan.

“Keberadaan hansip atau Satlinmas ini bagian sistem pertahanan negara terendah yang ada di wilayah desa. Artinya suatu kekuatan masyarakat secara keseluruhan untuk membantu keamanan negara dan juga membantu ketertiban sosial masyarakat,” ujar Bupati Beltim Burhanudin saat membuka pembinaan dan penyuluhan Satlinmas, Rabu (16/6).

Menurut Bupati Burhanudin, keberadaan Satlinmas bukan sekedar penunjukan tetapi dikukuhkan dengan Surat Keputusan. Mereka pun dinaungi Pemerintah Daerah melalui Satpol PP Kabupaten.

“Jadi tugas mereka jelas. Karena itu kepada seluruh masyarakat saya menghimbau agar bila Satlinmas membantu ditengah masyarakat ya dimanfaatkan untuk mendukung keamanan dan ketertiban sosial di masyarakat kita,” katanya.

Bupati Burhanudin juga menjelaskan pentingnya pembinaan yang berkelanjutan kepada anggota Satlinmas untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan terhadap aturan-aturan.

“Pembinaan rutin ini jangan sampai kawan-kawan di Satlinmas tidak paham mengenai aturan yang ada, apakah perda atau aturan lain yang mungkin bersinggungan dengan tugas pokok mereka di masyarakat,” tegasnya.

Dia juga berjanji akan meningkatkan kesejahteraan Satlinmas secara bertahap. Untuk itu, ia meminta Desa ikut memperhatikan Satlinmas Desa masing-masing. “Kalau kemarin tidak sampai Rp. 400 ribuan, nah sekarang naik. Jadi secara bertahaplah, kita melihat kemampuan keuangan daerah karena sekarang kondisi keuangan masih ada masalah,” harapnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Kabupaten Beltim Zikril menegaskan keberadaan Satlinmas Desa merupakan ujung tombak urusan wajib perlindungan masyarakat. Satlinmas bersama Kepala Desa hingga RT harus memastikan masyarakat terlindungi.

“Mereka ujung tombak terdepan urusan wajib perlindungan masyarakat. Satlinmas bertugas dalam urusan Trantibum, sosial, bencana alam termasuk penyelamatan kebencanaan, itu urusan perlindungan masyarakat,” jelas Zikril.

Ia menegaskan, pembinaan Satlinmas kali ini difokuskan pada pemastian pelaksanaan PPKM tingkat Desa dan mengkampanyekan serta menertibkan penegakan protokol kesehatan.

“Saya juga minta anggota Satlinmas Beltim agar setiap Jum’at ikut membersihkan seluruh sampah plastik yang ada diruang publik bersama pak Kades dan perangkat Desa,” harap Zikril. (msi)