Satpam PLN Dilatih Bela Negara

by -
ilustrasi bela negara. Foto: dok belitongekspres

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kodim 0414 Belitung kembali menggelar kegiatan Bela Negera bagia Satuan Pengaman (Satpam), di Juru Sebarang, Jumat (22/2). Kegiatan ini diikuti satpam di lingkungan PLN Kabupaten Belitung dibawah naungan PT PT Elang Cakra Securindo.

Sebanyak 86 Satpam yang berada di lingkungan PLN mengikuti kegiatan ini. Acara dibagi dua gelombang. Yang pertama dilaksanakan Senin (18/2) hingga Rabu (20/2). Sedangkan gelombang ke dua dilakukan, Kamis (21/2) hingga Minggu, besok.

Kepala Cabang PT Elang Cakra Securindo Babel, Randi Long Keng mengatakan, pihak PLN bekerja sama dengan Kodim 0414 Belitung untuk melatih kualitas para satpam yang ada di lingkungannya. “Sehingga mereka tidak lupa dengan tugas utama yakni, menjalankan tugas sesuai kontrak kerja di Unit PLN masing-masing yang ada di Kabupaten Belitung,” ujar Randi, kepada Belitong Ekspres, Jumat, kemarin.

Untuk kegiatan bela negara ini dilaksanakan tiap tahun sekali. Selain itu, dirinya juga melakukan latihan rutin kepada para satpam perminggu hingga pertriwulan sekali, di lokasi yang sudah ditentukan.

“Dalam kegiatan ini, mereka akan mendapatkan sertifikat. Sehingga, para Satpam-satpam tersebut dapat bekerja di lokasi lain. Sebab, sekarang persyaratan untuk menjadi satpam harus ada pendidikan Garda Pratama,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Indra Padang mengatakan, selama seminggu mereka dididik diberikan pelatihan khusus. Seperti tata cara baris berbaris (PBB), dan tentang bela diri.

“Diharapkan setelah adanya kegiatan ini, mereka lebih sigap dalam mengamankan pada saat bekerja. Dan fokus. Serta, menanamkan jiwa Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kepada para satpam,” katanya. (kin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *