Satpol PP Gencarkan Razia Gepeng

by -

    PANGKALPINANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pangkalpinang, menggencarkan razia pengemis selama bulan puasa karena diperkirakan jumlah mereka akan bertambah.
    “Saat ini, kami sering melakukan razia anak jalanan, pengemis, gembel dan lainnya yang sering bermunculan menjelang berbuka puasa di tempat keramaian atau pun di tempat peribadahan,” kata Kepala Satpol PP Pangkalpinang, Abdullany, Kamis (18/6).
    Ia mengatakan, disinyalir mereka di pekerjakan oleh seseorang karena kebanyakan dari pengemis itu adalah warga pendatang bukan dari daerah ini dan pihaknya terus melakukan pemantauan dan menelusuri hal tersebut.
    “Sepertinya mereka dikoordinir oleh seseorang dan kami terus melakukan penelusuran untuk mencari tahu siapa yang menyuruh mereka menjadi pengemis, jika kedapatan maka akan ditindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku,” terangnya.
    Ia mengatakan, mereka yang terjaring razia akan kami serahkan pada intansi terkait untuk diberikan pembinaan agar tidak melakukan hal itu lagi. “Kami bertugas untuk menertibkan dan mengamankannya terkait sanksi yang diberikan akan diserahkan pada Dinas Sosial. Kemungkinan bagi pengemis atau anak jalanan yang menjadi pendatang di daerah ini akan dipulangkan ke daerah asalnya,” jelasnya.
    Ia mengatakan, pihaknya akan terus berusaha untuk meminimalisir pengemis, pengamen, anak jalanan dan lainya untuk menciptakan ketertiban dan kenyamanan di kota itu. “Kami berharap dengan adanya patroli ini tidak ada lagi pengemis itu. Sesuai dengan perda Kota Pangkalpinang nomor 7 tahun 2015 bahwa di kota ini tidak ada lagi anak jalanan dan pengemis,” tandasnya. (ant/rb)