Satu Desa Satu Destinasi Wisata

by -
foto HL. Bupati Belitung Sanem
Bupati Belitung Saleh

*Desa Harus Kreatif Menggunakan Dana Desa

BADAU – Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan desa beruntung. Dari segi pembangunan sudah tidak terkendala soal dana. Miliaran dari desa bersumber dari APBN dan APBD diterima setiap tahunnya. Rata-rata desa sudah mengelolah dana sebesar dua miliar pertahun.

Dana itu kata dia lebih banyak digunakan untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat. Dengan dana desa yang begitu besar, pria yang akrab dipanggil Sanem ini menekankan desa harus memiliki satu destinasi wisata. Maka program desa harus disandingkan dengan program kabupaten.
Itu disampaikan Sanem dalam sambutan acara seremonial penilaian lomba desa tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Desa Air Batu Buding, Rabu (17/5) kemarin.

“Tolong kedepan, pemberdayaan desa tolong lihat visi dari pembangunan juga. Kami juga mencanangkan tiap desa harus punya produk unggulan. Antara lain kepariwisataa, kelautan perikanan, dan sarana perhubungan. Ke depan tiap desa harus punya satu destinasi pariwisata,” pintanya.

Di desa banyak potensi yang bisa dikembangkan. Objek wisata tidak mesti pantai. Bisa hutan ataupun kolong bekas tambang timah. Bahkan bisa juga dibuat wisata memancing di desa.

“Sebenarnya bagaiman kita ngemas, tidak usah susah, misalkan dibekas kolong itu ditabur ikan, itu bisa dijadikan arena yang dikemas masyarakat yang dijadikan kawasan wisata,” terangnya.

Dalam hal ini, Belitung sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KeK) pariwisata. Proyek apapun yang diminta ke pusat akan cepat ditanggapi.
“Makanya kalau desa kreatif buatlah acuan untuk pengembangan pariwisata. Itu silahkan ajukan ke bupati. Insyallah kalah benar akan disetujui,” pungkasnya. (ade)