Saung 99 Belitung Sajikan Menu Khas Sunda dan Nuansa Bumi Pasundan Era 90an

by -
Saung 99 Belitung Sajikan Menu Khas Sunda
Saung 99 Belitung Sajikan Menu Khas Sunda
Panorama Saung 99 dari sudut pandang halaman Villa

belitongekspres.co.id, SIJUK – Jika anda pernah bermimpi menikmati makanan bercitra rasa Sunda berlatar alam nan asri di tengah hutan dan pedesaan di Pulau Belitung, jawabannya ya di Saung 99. Restoran apik ini terletak di Jalan Renati, Dusun Air Gelarak, Desa Selumar, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Memiliki lahan yang luas, termasuk area parkir kendaraan, Saung 99 dibangun untuk menjamu masyarakat lokal Belitung, serta Wisatawan domestik dan luar negeri yang berlibur di Negeri Laskar Pelangi.

belitongekspres.co.id sempat berkeliling bersama Bramantiar, Manager Saung 99. Kami mengitari suasana nyaman dan tentram di seputaran Saung 99.

Topografi Saung 99 adalah perpaduan lembah, sungai kecil, dan perbukitan. Sungai kecil tersebut berada di tengah, di antara 9 Saung dan 9 Payung di sisi kiri dan kanannya. Sebelah kanan pintu masuk, yang jika patokannya adalah utara, terlihatlah villa di sebelah selatan. Villa yang terbuat dari kayu ini memiliki fasilitas yang lengkap, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan garasi kendaraan.

Villa ini berdiri gagah di area perbukitan. Panorama yang memikat akan terlihat dari arah villa ke utara, tempat saung-saung untuk bernaung di lembah sana. Di bawah Villa, juga di lembah, ada langgar. laiknya pedesaan di tataran Sunda, langgar ini mengingatkan kita pada perkampungan nan sunyi di Bumi Pasundan era tahun 90-an.

Penasaran ingin bertanya, ada apa di balik penamaan Saung 99? Apakah karena saung dan payung area bersantai berjumlah masing-masing 9? Bram, panggilan akrab manajer saung ini mengatakan, pemilik menamakannya dari asmaul husna, nama-nama Allah yang indah, baik, agung dan mulia sesuai dengan sifat-sifat-Nya, berjumlah 99. Kemudian jumlah bangunan, utamanya saung dan payung pun menyesuaikan jumlah tersebut.

Saung 99 Belitung Sajikan Menu Khas Sunda
Bale Riung di Saung 99, bangunan besar dengan kapasitas 400 orang. Bangunan ini bisa disewakan untuk resepsi pernikahan serta kegiatan berskala besar lainnya.

Saung 99 juga menyediakan fasilitas gedung yang bisa menjamu pengunjung dengan kapasitas 400 orang. Gedung ini bernama Bale Riung. Bale adalah bangunan berupa gedung, sementara riung merupakan kumpul atau berkumpul, kurang lebih jadinya Gedung Tempat Berkumpul. Kata Bram, Bale Riung ini disewakan untuk resepsi pernikahan, bisa juga untuk acara-acara berskala besar lainnya.

“Bale Riung juga untuk menjamu wisatawan dalam jumlah ramai, biasanya corporate gathering,” terang Bram.

 

Sajikan Menu Khas Sunda dan Seafood Belitong

Manajer Saung 99, Bram, memberikan garansi. Menurutnya, secara taste, tiap-tiap sajian yang terdapat di Sang 99 mendapat rate positif dari pengunjung. Jurus tangan kosong Chef dengan pengalaman belasan tahun di dapur hotel berbintang, menu-menu tradisional pun disajikan secara profesional dengan citra rasa aduhai.

Makanan Khas Sunda identik dengan hasil olahan ikan air tawar seperti Gurami. Menu olahan Gurami yang tersedia diantaranya; Ikan Gurami Terbang, Ikan Gurami Saus Padang, Ikan Gurami Asam Manis, Ikan Gurami Dabu-Dabu, Ikan Gurami Cobek, Ikan Gurami Bakar Bumbu, serta Ikan Gurami Pepes.

Selain Gurami, Saung 99 juga menyediakan menu-menu seafood khas Belitong. Sajian olahan dari hasil laut ini berupa Ikan Bulat Bakar Bumbu, Ikan Jebong Dua Rasa, Aneka Udang dan Cumi, serta varian pepes. Menikmati varian makanan ala Sunda dan seafood Belitung, tentunya jadi sempurna dengan alam yang memikat di Saung 99.

 

Saung 99 Belitung Sajikan Menu Khas Sunda
Kong Djie Coffee Saung 99

Kong Djie Saung 99

Ke Belitong, wajib ngopi, Yup! di Kong Djie Saung 99. Salah satu warung kopi asal Belitong yang sangat dikenal dan memiliki banyak franchise di Indonesia adalah Kong Djie Coffee Shop alias Warung Kopi Kong Djie. Warung Kopi Legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1943 ini juga membuka cabang di Saung 99.

Kopi Kong Djie diracik secara khusus pertama kali oleh Ho Kong Djie, ayah dari pemilik manajemen saat ini atau generasi keduanya. Penerus Ho Kong Djie kini mulai mengembangkan bisnis Kopi Kong Djie. Kopi Kong Djie adalah campuran, 30 persen arabika Jawa dan 70 persen Robusta Lampung. Dengan demikian, kopi ini tidak terlalu asam, nyaman di lambung, serta memberikan khas araoma ala Robusta.

 

Mau ke Saung 99?

Saung 99 berlokasi di area strategis. Sangat dekat dengan destinasi-destinasi wisata primadona Belitong dan hotel-hotel bintang 4. Demikian pula halnya jarak dari arah Bandara Internasional H.AS Hanandjoeddin, Tanjungpandan. Agar mudah, tentunya anda bisa melihat panduan Google Map.

Jika anda mengunjungi Pulau Belitong dan ingin bersantai sejenak di Saung 99 sembari menyantap makanan, jarak tempuh ke dari Bandara H.AS Hanandjoeddin sekitar 20,1 kilometer yang ditempuh dengan berkendara selama 26 menit.

Pada saat anda sudah berada di Saung 99, kemudian ingin mengunjungi destinasi wisata seperti Pantai Wisata Tanjung Tinggi, jaraknya hanya 9,8 kilometer yang jika berkendara akan ditempuh dalam 13 menit. Begitu juga dari Saung 99 menuju Pantai Tanjung Kelayang yang hanya berjarak 12,3 Kilometer atau bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dalam waktu 16 menit.

Seperti yang sudah disebutkan, jarak antara Saung 99 dengan hotel berbintang pun sangat dekat, apalagi jika ditempuh dengan kendaraan roda empat. Misalnya dari Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung. Dari hotel bintang 4 tersebut, jarak ke Saung 99 hanya 13,4 kilometer yang ditempuh dalam waktu 18 menit berkendara. Demikian pula dari Swiss-Belresort Tanjung Binga Belitung, dengan berkendara hanya ditempuh selama 18 menit dengan menempuh perjalanan sejauh 15,6 kilometer.

Akses yang paling dekat dengan Saung 99 adalah Black Rocks Golf Belitung. Usai bermain golf di Black Rocks Golf Belitung, anda bisa bersantai di Saung 99 yang hanya berjarak 6,6 kilometer atau 8 menit berkendara. Kemudian tidak jauh dari Black Rocks Golf Belitung, terdapat villa of Lor In, hotel nyaman yang hanya berjarak 8 kiolemeter dan 10 menit berkendara.

Tentunya untuk masyarakat Belitong dan traveler yang berkunjung ke Bumi Laskar Pelangi, Pulau Belitong, Saung 99 adalah referensi terbaik yang kami berikan untuk anda. Dan jika anda tertarik untuk berkunjung dan melakukan reservasi, anda bisa menghubingi nomor berikut 0852-6898-8787.

(Subrata | belitongekspres.co.id)