Sawah Kacang Butor Mampu Hasilkan 50 ton per Hektar

by -

*Wabup Terpukau dengan Pemandangan yang Menakjubkan

BADAU-Pertanian khususnya di sektor persawahan padi, ternyata di Belitung hasilnya juga sangat prospektif. Ini terbukti sawah petani di Desa Kacang Butor mampu menghasilkan hingga lima ton padi per hektar. Hal itu disampaikan oleh Kelompok Tani Telinsing Jaya kepada Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani, Rabu (5/8) kemarin.
Tepatnya di Dusun Tungkusan, sekitar 10 hektar padi siap panen. Kelompok ini juga menambah empat hektar lahan baru. Dalam sekali panen kelompok ini bisa panen hingga 50 ton gabah basah.
Sa’aban salah satu anggota kelompok mengatakan hasil panen bisa menghidupi satu desa. Bahkan lebihnya dijual. “Separuh dimakan, separuh dijual,” kata dia.
Sementara Kades Kacang Butor Hadian mengatakan, panen ini sudah berlangsung satu minggu. Beruntung musim ini padi tidak terkena dampak kemarau. Karena waktu mulai tumbuh buah kemarau baru datang. “Hambatannya hanya masalah air,” ujarnya.
Erwandi terlihat takjub dengan masyarakat setempat. “Ternyata padi bisa tumbuh di Belitung. Ini bagus dan perlu difikirkan untuk menjadi alternatif petani di Belitung, apalagi lahan masih terbuka luas,” ujarnya.
Ia melihat lokasi tersebut juga indah. Bahkan lokasinya seperti di Pulau Jawa. “Ini bagus untuk foto-foto. Untuk pra wedding juga mungkin bisa,” tukasnya.(ade)