SDN 6 Tak Bisa Terima Pola Akademik

by -

TANJUNGPANDAN- Kepala Sekolah SD 6 Negeri Tanjungppandan Majeri Spd menegaskan, pihaknya tidak bisa melakukan sistem pola penerimaan siswa baru (PSB) secara akademik. Sebab, pertimbangan satu-satunya untuk tidak menerapkan pola tersebut yakni, terkait usia peserta didik yang tidak memadai.
“Artinya, kami pihak sekolah tidak boleh memaksakan hal itu. Bahkan, usia diatas enam hingga tujuh tahun, harus wajib diterima,” tegasnya kepada BE Rabu (17/6) kemarin, di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung.

Suami dari Kepala Bidang (kabid) Pendidikan dan Menengah (Dikmen) Dindikbud Kabupaten Belitung ini mengatakan, meskipun dalam penerimaan siswa baru Sekolah Dasar tersebut digelar, namun dalam prakteknya dilapangan akan tetap dilakukan pembatasan kuota.
“Kuota daya tampung kami targetkan hanya 62 orang siswa. Namun, kami tetap mengacu pada surat edaran dari Dinas Pendidikan terkait jadwal penerimaan siswa baru tersebut,” kata Majeri.

Dikatakan, dalam surat edaran itu, jadwal penerimaan siswa baru khusus SD Negeri 5 Tanjungpandan akan mulai dibuka sejak dari tanggal 22 Juni sampai 27 Juni 2016. Namun demikian, pelaksanaan jadwal tersebut akan diperpendek waktunya sampai batas tanggal 24 Juni 2016 dan pengumuman akan dilakukan pada tanggal 25 Juni 2016.
“Mengingat, agar tak ada kelebihan batas kuota sehingga bagi siswa yang tidak bisa diterima di SDN 6 masih ada peluang untuk mendaftar lagi ke sekolah dasar yang lain,” jelasnya.

Majeri menginginkan, adanya semacam testimoni dari calon orang tua siswa tentang alasan mendasar dalam menyekolahkan anaknya di SDN 6. “Setidaknya, hal itu bisa menjadi indikator bagi pihak sekolah dalam rangka untuk membangun kemajuan pendidikan di tingkat dasar,” tutupnya. (mg2)