Sebab-sebab KM EL No.2 Tenggelam? Ini Keterangan Kepala KSOP Tanjungpandan

by -

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sebab-musabab tenggelamnya KM EL No. 2, di sekitar Perairan Pulau Belitung terungkap.

Sebagaimana diketahui, KM EL No.2 dikabarkan tenggelam di sekitar Perairan Pulau Belitung atau 1 Mill dari Pulau Mendulu.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjungpandan, Afriyon Putra. S.Sos.M.M, menyebutkan, bahwasannya KM EL No.2 tidak mengalami kerusakan apa pun hingga menyebabkannya tenggelam.

Namun demikian, lanjutnya, kondisi cuaca yang sangat ekstrim membuat ketinggian gelombang laut mencapai 3 (tiga meter).

“Jadi di tengah perjalanan air terus masuk ke dalam kapal, dan lama-kelamaan kapal ini sudah tak mampu menampung hingga tenggelam,” ujarnya saat ditemui belitongekspres.co.id di ruang kerjanya, Minggu (12/1/2020).

Lebih lanjut dikatakan Afrion, KM EL No.2 dengan rute Sunda Kelapa – Pontianak ini membawa berbagai barang. Diantaranya Semen, Besi, dan drum.

Sebagaimana diungkapkan Komandan pos Basarnas Belitung, Rahmatullah Hasyim, dalam pemberitaan sebelumnya menyebutkan, KM EL diketahui berangkat dari Sunda Kelapa pada Kamis (9/1/2020), diperkirakan tiba di Pontianak pada Sabtu (11/1/2020) sekitar pukul 17.00 WIB.

Namun, sekitar pukul 03.00, KM EL No.2 dengan PoB (Person on Board) 14  kru ini dikabarkan tenggelam pada koordinat 03°42’23,97 S – 107°15,55,44 T di bawah Pulau Belitung.

Lebih lanjut dikatakan Rahmat, KM Tetap Jaya yang dari Tanjungpandan menuju Jakarta kemudian membantu dengan mengevakuasi 14 orang PoB KM EL No.2 pada pukul 04.05 WIB. Hingga kini, kru KM EL sudah berada di KSOP Tanjungpandan. (sue)

 

Editor: Subrata