Sebut Asap Smelter Masih Aman

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

`PANGKALPINANG – Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Bangka Belitung mengklaim asap yang berasal dari smelter yang selama ini banyak dikeluhkan masyarakat masih aman dan tidak memberi dampak apapun untuk masyarakat.
Ini diungkapkn Kepala BLHD Babel, Ferry, Senin (16/2). “Kalau dari hasil pengukuran kualitas lingkungan, asap yang dihasilkan smelter itu masih dibawah ambang batas, dan masih layak untuk lingkungan kita,” ujarnya.
Meskipun demikian, Ferry meyakinkan pihaknya tetap rutin melaksanakan pemantauan untuk mengecek ada tidaknya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh perusahaan-perusahaan smelter itu.
“Pabrik smelter itu selalu kita awasi, apakah aktivitas mereka mengganggu lingkungan apa tidak, dan ini kita lakukan per enam bulan,” jelasnya.
Selain memantau lingkungan disekitar smelter, menurut Ferry pihaknya juga memberi himbauan ke pabrik smelter tersebut untuk bisa memperhatikan kesehatan pekerjanya, dan pabrik smelter juga wajib mengecek kesehatan pekerja minimal per 6 bulan.
“Pekerja smelter pasti berat resikonya, karena itu kita selalu ingatkan pemilik perusahaan atau pabrik smelter itu untuk selalu menjalankan keselamatan, kesehatan kerja atau K3 nya sesuai himbauan Dinas tenaga kerja,” tegasnya.
“Dan kita harap perusahaan smelter mentaati itu, sama seperti mereka mentaati aturan yang ada tentang bagaimana mereka menjaga kawasan lingkungannya agar tidak tercemar dari limbah atau asap berbahaya,” pungkasnya. (eza)

Baca Juga:  Danrem 045/Garuda Jaya, Kolonel Inf Dadang Arif Abdurrahman Imbau Bijak Gunakan Sosial Media

Rate this article!
Tags:
author

Author: