Segera Gelar Simulasi Penangulangan Teroris

by -
foto-A-polisi
Tampak sejumlah petugas melakukan pra latihan simulasi penangulangan teroris dikantor Polresta Pangkalpinang, Kamis (13/7), kemarin. foto fitrah/rb

PANGKALPINANG -Jajaran Kepolsian Resor Pangkalpinang melakukan latihan Persiapan untuk simulasi dalam penanganan terorisme yang dilaksanakan di halaman utama Polres Pangkalpinang, Kamis (13/7), siang.

Dalam latihan ini, nampak sejumlah kepolisian bersenjata lengkap terlihat mendobrak pintu sebuah ruangan yang berisi warga sipil. Dengan menggunakan rompi anti peluru dan penutup wajah, para polisi pun meminta warga sipil untuk tiarap dan mengangkat tangannya.

Kabag Ops Polres Pangkalpinang, Kompol Raspandi mengatakan tujuan utama dari simulasi ini adalah antisipasi rutin terhadap pencegahan terorisme. Untuk materi latihannya mencakup ketangkasan anggota dalam melumpuhkan teroris.

“Memang untuk hari ini baru sekedar skenario awal dulu, masih kita rampungkan untuk beberapa hari kedepan. Rencannya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini di Polsekwas Pelabuhan Pangkalbalam.” Raspandi.

Ia menambahkan, kesigapan dan kesiapsiagaan anggota polres pun dipertajam untuk mengantisipasi serangan teroris. Karena saat ini, sering terjadi para pelaku teror kerap menyasar ke anggota polisi yang sedang bertugas.

“Sekaligus untuk meningkatkan kemampuan anggota di lapangan agar aparat keamanan paham betul apa dan bagaimana yang harus dilakukan bila dihadapkan dalam situasi tersebut.” Jelasnya.

Kepolisian di berbagai daerah dalam beberapa waktu belakangan ini memang sering melakukan simulasi terhadap antisipasi terorisme mengingat situasi dan kondisi indonesia sekarang, yaitu siaga terhadap aksi teror.(cr5)