Sekjen GGN Unesco Puji Geopark Belitung

by -

*Optimis Status Geopark Internasional Segera Terealisasi

pariwisata-headlines-edisi-27-desember-2016
Sekjen Tim Geopark Global Network (GGN) Unesco, Guy Martini didampingi Ketua Tim Geopark ITB 81, Diah Herawati saat meninjau Museum Tanjungpandan, Senin (26/12) kemarin.

TANJUNGPANDAN-Sekretaris Jendral (Sekjen) Tim Geopark Global Network (GGN) Unesco, Guy Martini melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi wisata Geopark di Pulau Belitong, Senin (26/12) kemarin. Peninjauan yang bertujuan untuk memverifikasi menuju Geopark Internasional ini didampingi langsung Bupati Belitung Sahani Saleh.

Adapun tempat wisata, yang dikunjungi assessor asal negara Prancis itu adalah, Danau Biru, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Desa Wisata Terong, dan Museum Tanjungpandan. Kepada Belitong Ekspres, Guy Martini didampingi Ketua Tim Geopark ITB 81, Diah Herawati, memuji upaya pencapaian Pulau Belitung dalam mengejar status Geopark Global dari Unesco.

“Anda telah mencapai hasil kerja yang sangat baik untuk mengejar status dari geopark global dari Unesco. Dan, itu tak lepas dari dukungan serta keterlibatan masyarakat lokal yang telah mengembangkan berbagai aspek dari geopark seperti warisan alam, warisan budaya, warisan tak berbeda,” katanya usai mengunjungi Museum Tanjungpandan.

Ketika ditanya berapa berapa lama pengakuan Unesco ini akan bisa diperoleh, Guy Martini belum bisa memberikan jawaban pasti. Sebab, perjalanan yang ditempuhnya untuk meninjau lokasi baru setengah hari.

Akan tetapi, menurut Guy Martini, pihaknya masih mempunyai cukup waktu, untuk mengikuti berbagai rekomendasi (syarat) yang tidak terlalu rumit. Syarat tersebut juga tidak membutuhkan biaya yang besar untuk diimplementasikan.

“Anda akan benar-benar siap tahun depan, dugaan saya seperti itu. Karena, anda telah menunjukkan bisa bekerja sangat cepat, dan ini sangat mengesankan serta begitu mengagumkan. Sebab, dalam waktu empat bulan telah mencapai titik kemajuan,” ujarnya.

Menurut Sekjen GGN Unesco itu, pencapaian ini sangat fantastis dan memiliki keistimewaan. Jika geopark Pulau Belitung dikerjakan dengan sangat baik. “Dalam waktu yang sangat singkat, saya sangat optimis bisa terealisasi (Geopark Internasional,red),” ucapnya.

Sementara itu, Kedatangan Sekjen GGN Unesco Guy Martini di Desa Wisata terong di sambut baik Ketua Local Work Group-Detination Management Organization (LWG-DMO) Iswandi. Kata dia, salah satu pesan yang disampaikan tim itu menyarankan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk selalu mendorong Desa Wisata dan menjaga lingkungan sekitar.

“Kami telah berkomitmen bersama masyarakat lainnya, ingin selalu menjaga serta melestarikan lingkungan di tempat ini. Dan, itu wujud partisipasi kita sebagai bagian dari daerah tujuan destinasi Pariwisata di Tanah Air, khususnya di Pulau Belitong,” pungkasnya. (mg2)