Sekolah Pelaksana K13 Masih Bingung

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

TANJUNGPANDAN- Kepala Sekolah SMP Negeri I Tanjungpandan Indra Jaya SPd mengatakan, penerapan kurikulum 2013 di SMPN I Tanjungpandan Belitung sudah berjalan selama tiga semester. Namun, dalam perjalanannya masih menyisakan sedikit kendala. Apalagi, hanya dianggap sebagai sekolah percobaan.
“Instruksi pak menteri, yang sudah berjalan selama tiga semester silahkan lanjut. Sedangkan yang baru satu semester, kembali ke kurikulum 2006,” terang Indra kepada BE Senin (26/1) kemarin, di ruang kerjanya.
Indra mengatakan, penerapan kurikulum 2013 permasalahan utamanya ada pada buku paket yang sudah dibeli secara kontrak. Lantas, harus dibayar sekalipun tidak dipakai siswa. Selain itu, pelatihan peningkatan kualitas tenaga guru perlu diperhatikan. “Sekolah di Kabupaten Belitung ini yang sudah menerapkan kurikulum 2013 hanya ada tiga sekolah. SMP I, SMP II dan SMP 7.
Jadi, kalo bisa saya berharap kepada pihak terkait agar lebih diperhatikan lagi.Apalagi, sebelumnya sudah ada kesepakatan pembelian paket buku,” tukasnya.
Ketua Komisi III DPRD Belitung H.Artiansyah Amd mengatakan, setiap transisi kepemimpinan sudah pasti program kebijakannya berbeda-beda. Artinya,tidak pernah ada kebijakan dari masing-masing menteri itu sama.
“Buktinya, pada pengembalian kurikulum 2013 ke kurikulum 2006 yang terjadi saat ini. Belum tuntas kurikulum yang satu, sudah kembali lagi kekurikulum berikutnya,” paparnya.
Lebih lanjut anggota DPRD dari Fraksi Gerakan Kebangkitan Demokrat (GKD) ini menyatakan, dengan munculnya kondisi demikian menyebabkan kewalahan pihak sekolah, termasuk instansi dinas terkait. “Guru sekolah di presure untuk melaksanakan K13, sementara siswanya antara mampu dan tidak,” singkatnya.
Ditambahkan, itulah alasan Komisi III DPRD Kabupaten Belitung melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada (Senin 26/1) kemarin, terkait membahas soal kurikulum K13. “Menurut Pak Menteri, kurikulum 2013 tidak semua akan dilanjutkan. Artinya, kami akan tunggu saja hasilnya setelah pulang nanti dari Jakarta nanti,hingga ada pengkajian ulang,” tutup Artiansyah. (mg2)

Baca Juga:  BUMDes di Selat Nasik Mendapat Pembinaan

Rate this article!
Tags:
author

Author: