Seleksi 24 Balon Kades

by -

SUNGAILIAT- Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPM Pemdes) melakukan seleksi tambahan bagi 24 orang Bakal Calon (Balon) Kepala Desa yang akan mengikuti Pilkades Serentak pada 12 Oktober 2015 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Kepala BPM Pemdes, Dalyan Amrie, Senin (07/09) di sela-sela kegiatan tes di OR Bina Praja Setda Bangka.
‘’Seleksi Balon Kades ini dilakukan sesuai dengan Pasal 29 Perbup No 40 Tahun 2015 yang menyatakan bahwa Bakal Calon Kades di desa yang melebihi 5 orang maka diadakan seleksi tambahan,’’ungkap Dalyan Amrie.
Dikatakan Dalyan Amrie lagi, dari 24 desa yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 3 desa yakni Desa Silip, Mangka, dan Bukit Layang harus diadakan seleksi tambahan karena pesertanya melebihi 5 orang. Untuk Desa Silip, Kecamatan Riausilip diikuti 9 orang peserta, Desa Mangka, Kecamatan Bakam sebanyak 9 orang, dan Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam diikuti 6 orang.
‘’Tes tambahan ini akan dilakukan 2 hari yakni hari ini tes tertulis dan besok wawancara. Adapun materi tes tertulis adalah pengetahuan umum dan pemerintahan desa. Untuk wawancara materinya adalah kepemimpinan, tata cara komunikasi, visi, pengalaman di bidang pemerintahan, usia dan pendidikan,’ ’jelas Dalyan Amrie.
Lebih lanjut, Kepala BPM Pemdes berujar, hasil seleksi tambahan ini akan diumumkan pada tanggal 9 September dimana ada perangkingan 1-5 yang mana ketua panitia Pilkades akan dipanggil untuk mengambil hasil tes tersebut dan 5 orang itulah yang akan mengikuti Pilkades. “Dalam seleksi ini, kami netral dan apa adanya sehingga yang menjadi calon Kades memang benar-benar yang terbaik. Kepada seluruh desa yang mengikuti Pilkades serentak ini juga diharapkan menyukseskan kegiatan ini untuk kemajuan desa masing-masing walaupun ada yang tidak terpilih,” pungkas Kepala BPM Pemdes.(rel)